Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Cikakak Berjalan Lancar

oleh -
Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Cikakak untuk tahap pertama berjalan lancar dan sesuai target.

Wartawan M. Ridwan

Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi tahap pertama berjalan dengan lancar. Setelah penyuntikan Vaksin Sinvoc pada akhir pekan lalu, para penerima suntikan termasuk tenaga kesehatan (nakes) tidak menampakkan gejala-gejala yang mengkhawatirkan.

banner 970x90

Berdasarkan fakta itu, Kepala Puskesmas Cikakak, Gunarhyari, SKM optimis Vaksinasi Covid-19 dapat diterima oleh masyarakat.

“Setelah mengetahui reaksi pasca vaksinisasi untuk tenaga nakes, kami optimis ke depan program vaksinasi untuk mengantisipasi Covid-19 di Kecamatan Cikakak bisa berjalan lancar. Masyarakat dapat menerima vaksinasi ini,” kata Gunarhyari, Senin (1/2/2021).

Vaksinasi tahap pertama untuk nakes diselenggarakan di Puskesmas Cikakak pada Jumat (29/1/2021) lalu. Pada vaksinasi tersebut, Puskesmas Cikakak mendapat alokasi 41 vian Vaksin Sinovac. Vaksin tersebut disuntikkan kepada Kepala Puskesmas, Kapolsek Cikakak, dan para nakes. Totalnya 24 orang.

“Kami optimis pelaksanaan vaksinasi putaran selanjutnya hingga diberlakukan secara massal ke masyarakat dapat berjalan dengan lancar dan produktif,” ujar Gunarhyari.

Dirinya menjadi saksi hidup dan secara langsung mengetahui efek samping dari suntikan Vaksin Sinovac. Setelah divaksin, dia memang merasakan rasa kantuk, demam ringan, dan pegal-pegal, tapi reaksi tersebut tidak berlangsung lama.

“Kondisi tubuh kembali normal dalam waktu antara dua sampai empat jam setelah rehat atau tidur,” ujar Gunarhyari.

Secara umum, kata dia, reaksi vaksin pada tubuh manusia akan berbeda-beda tergantung kondisi vitalitas tubuh saat dilakukan vaksinasi. Karena itu, sebelum mengikuti vaksinasi, seseorang harus memeriksakan kesehatannya ke dokter atau fasilitas layanan kesehatan. (*)

Print Friendly, PDF & Email