Tenaga Kesehatan di Puskesmas Cidadap Awali Vaksinasi Covid-19

oleh -
Vaksinasi tahap pertama di Puskesmas Cidadap, Kabupaten Sukabumi dialokasikan untuk tenaga kesehatan yang telah mengikuti pemeriksaan kesehatan.
Kepala Pos Polisi (Pospol) Cidadap, Aiptu IG Agung SP mengawal pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Cidadap.

Wartawan M. Hamjah

Sebanyak 18 orang tenaga kesehatan (nakes) mengawali kegiatan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/1/2021). Para nakes itulah yang akan menggunakan 36 vial atau dosis Vaksin Sinovac kiriman tahap pertama dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi untuk Puskesmas Cidadap.

banner 970x90

“Mereka yang divaksin semuanya tenaga kesehatan. Total hari ini ada 18 orang yang mengawali vaksinasi di Kecamatan Cidadap,”  kata Kepala Puskesmas Kecamatan Cidadap,  Akuinus Budiman. 

Jumlah nakes di Puskesmas Cidadap seluruhnya ada 40 orang, lanjut Akuinus. Karena jumlah vaksin yang dikirim baru 36 vial, jumlah nakes yang diberi suntikan vaksin baru 18 orang untuk dua kali injeksi.

“Jadi belum semua nakes di Cidadap disuntik vaksin. Selain vaksinnya tidak mencukupi, ada nakes yang belum siap untuk disuntik Vaksin Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dokter di puskesmas,” ujar dia. 

Sebagian nakes ada yang sedang sakit, yang lainnya hamil dan ada juga yang sedang menyusui.

Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Puskesmas Cidadap mendapat pengawalan dari aparat kepolisian dari TNI. Forkopimcam (Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Cidadap juga menerjunkan jajarannya untuk pengawalan dan pengamanan pendistribusian Vaksin Covid-19.

Di tempat vaksinasi, Kepala Pos Polisi (Pospol) Cidadap, Aiptu IG Agung SP mengatakan, pengawalan dan pengamanan pendistribusian Vaksin Covid-19 dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jajarannya ingin memastikan, pendistribusian vaksin dan pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar, tanpa gangguan.

“Kami melakukan pengawasan pendistribusian vaksin sejak pengambilan Vaksin Covid-19 dari Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi di Cibadak sampai tempat gudang penyimpanan di Puskesmas Cidadap,” jelas Agung.

Pengawalan dan pengamanan yang dilakukan Polri bersama TNI, ujar dia, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19. (*)

Print Friendly, PDF & Email