Menahan Laju Penyebaran Covid-19, Kecamatan Ciambar Galakkan Operasi Yustisi

oleh -
Camat Ciambar H. Pendi Effendi, S.IP. (kanan) memimpin apel siaga dalam rangka persiapan operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan di wilayah tugasnya.
Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan dan 5M di wilayah Kecamatan Ciambar dipimpin Camat H. Pendi Effendi, S.IP. (kanan, paling depan).

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Guna menahan laju penyebaran wabah Covid-19, Kantor Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi terus menggencarkan operasi yustisi dalam rangka penegakan disipilin terhadap protokol kesehatan (prokes). Pada setiap operasi, aparat gabungan melancarkan penegakan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.  

banner 970x90

Camat Ciambar, H. Pendi Effendi, S.IP. mengatakan, operasi yustisi yang dilancarkannya diarahkan untuk menegakkan disiplin warga dalam melaksanakan 3M ditambah 2M yakni mencegah kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Dengan mendisiplinkan diri  untuk menjalankan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan di air mengalir, bahaya virus Corona bisa dicegah sejak dini. Warga diimbau dan diberi ancaman sanksi agar bersedia untuk menjalankan aturan 3M,” ujar Pendi.   

Kunci keberhasilan dalam pengendalian penyebaran Covid-19, kata camat, adalah disiplin warga dalam menegakkan protokoler kesehatan pada setiap aktivitas mereka. Masyarakat harus menyadari bahwa mereka adalah ujung tombak dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran wabah Covid-19. 

“Sekeras apapun usaha pemerintah dalam melakukan pencegahan, pengendalian, dan penegakan hukum untuk pelanggaran protokol kesehatan dalam mencegah Coronavirus 2019 tidak akan membuahkan hasil jika masyarakat mengabaikan kewaspadaan menghadapi ancaman Virus Corona,” kata Pendi.

Jika setelah diingatkan dan diimbau petugas, masyarakat masih juga belum berdisiplin dalam menegakkan prokes, maka risikonya penyebaran wabah penyakit mematikan itu akan semakin meningkat. 

“Keputusan akhir tentunya ada di tangan masyarakat. Pandemi Corona yang sudah berjalan satu tahun ini telah merusak  sendi-sendi kehidupan masyarakat di segala aspek kehidupan. Kalau mau wabah segera berakhir, masyarakat harus menegakkan protokol kesehatan, 3M, dan 2M,” ujar Pendi. (*)

Print Friendly, PDF & Email