Kejari Gelar Program Jaksa Masuk Desa untuk Para Kades di Kecamatan Ciambar

oleh -
Kasi Pidum Kejaksaan Kabupaten Sukabumi, Dista Anggara (keempat dari kiri) setelah menyampaikan ceramah pada acara Jabinsa untuk para kades di Kecamatan Ciambar. Tampak pada foto, ketiga dari kiri adalah tuan rumah Kades Cibunarjaya, Ujang Suhanto.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sukabumi menggelar program Jaksa Bina Desa (Jabinsa) untuk para kepala desa se-Kecamatan Ciambar, Selasa (26/1/2021). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi.

Pada kegiatan itu tampil sebagai narasumber Kasi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Kabupaten Sukabumi, Jaksa Muda Dista Anggara. Tema Jabinsa yang diangkat adalah ‘Kenali Hukum dan Jauhi Hukuman’.

Dalam ceramahnya, Dista mengajak para kepala desa untuk selalu berhati-hati dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan, terutama yang menyangkut keuangan desa. Hal ini penting untuk mewujudkan pemerintahan desa yang baik dan bersih. Intinya para kades harus memahami hukum untuk menjauhkan diri dari hukuman.

“Jaksa Bina Desa ini merupakan program khusus dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi. Guna mensukseskan program ini, kami mendatangi desa-desa untuk menyampaikan penyuluhan hukum. Kami blusukan hingga ke pelosok,” kata Dista kepada wartawan seusai menjadi narasumber Jabinsa.

Selanjutnya, pengetahuan yang diterima para kades itu ditularkan kembali ke masyarakat. Dengan demikian perangkat desa dengan masyarakat dapat bersama-sama mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar penegakan norma hukum benar-benar dilaksanakan di desa.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cibunarjaya, Ujang Suhanto mengatakan, program Jabinsa yang diikutinya sangat penting untuk menegakkan norma-norma hukum di lingkungan pemerintahan desa dan di tengah masyarakat.

“Pada kegiatan ini, kami diberi materi seputar norma-norma hukum dan pentingnya hukum dalam menjalankan fungsi pemerintahan agar pemerintah desa selalu hati-hati dalam mengelola keuangan. Selama ini kami selalu berupaya untuk mewujudkan desa yang baik dan bersih,” kata Ujang. (*)

Print Friendly, PDF & Email