Jatah Vaksin Covid-19 untuk Kota Sukabumi Tiba di Dinkes

oleh -
Dengan hati-hati, petugas ekspedisi menurunkan Vaksin Covid-19 dari atas mobil untuk disimpan di gudang khusus di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Jatah Vaksin Covid-19 jenis Sinovac untuk Kota Sukabumi tiba di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Selasa (26/1/2021) sekitar pukul 10.30 WIB. Vaksin tersebut diserahterimakan dari tim ekspedisi kepada Kepala Dinkes Kota Sukabumi, dr. Rita Fitrianingsih di kantornya Jalan Suryakencana Kota Sukabumi.

Jumlah vaksin yang diserahterimakan mencapai 6.000 vial untuk 3.000 orang. Di tempat serah terima tampak hadir Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi bersama jajaran Forkopimda Kota Sukabumi. Vaksin tersebut telah menempuh perjalanan jauh dari Bio Farma Bandung dengan pengawalan dari TNI dan Polri.

Setelah diserahkan tim ekspedisi, vaksin tersebut dicek kondisi luarnya dan dihitung secara global. Selanjutnya cairan pembangkit daya imun tubuh terhadap infeksi Virus Corona tersebut akan disimpan di tempat khusus yang memenuhi persyaratan penyimpanan vaksin.

Dalam keterangannya, Wali kota Fahmi menyampaikan, vaksin yang dikirim pada tahap pertama itu diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). Itu pun masih kurang karena dalam pengajuan awal, Pemkot Sukabumi mengajukan vaksinasi untuk 4.126 nakes.

“Karena jumlah vaksin tidak sesuai dengan pengajuan awal, penggunaannya diprioritaskan untuk 2.550 tenaga kesehatan plus 10 orang lainnya yang siap disuntik Vaksin Covid-19,” tutur Fahmi.  

Untuk menunjang pelaksanakan Vaksinasi Covid-19, Pemkot Sukabumi menyiapkan tenaga vaksinator yang telah mengikuti pelatihan khusus dari pemerintah pusat dan provinsi. Para vaksinator, ujar wali kota, dalam keadaan siap untuk melaksanakan tugasnya.

“Kami juga telah membentuk tim untuk melaksanakan tugas pemantauan pasca penyuntikan vaksin,” jelas Fahmi. (*)

Print Friendly, PDF & Email