Kades Ciheulangtonggoh Imbau Warga Segera Daftarkan Bidang Tanahnya

oleh -
Suasana penyuluhan program PTSL di aula balai desa di Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Kepala Desa Ciheulangtonggoh, Endang Junaedi, S.Ag. mengimbau warganya untuk segera mendaftarkan tanahnya kepada tim pelaksana program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Tahun ini, Desa Ciheulangtonggoh mendapatkan jatah program PTSL yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembuatan sertifikat tanah.

Seruan Kades Endang itu disampaikan dalam sambutan penyuluhan program kerja nasional PTSL bertempat di aula balai desa di Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (25/1/2021). Dengan mendaftarkan diri ke program PTSL, ujar Endang, masyarakat dapat memperoleh sertifikat dengan proses yang cepat, tepat, dan murah.

“Masyarakat harus segera mendaftarkan tanahnya agar dapat memiliki sertifikat. Dengan memiliki sertifikat, identitas dan hak atas tanahnya menjadi jelas,” ujar Endang.

Pada penyuluhan PTSL itu, tampak hadir perwakilan dari Kantor Pertanahan/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sukabumi, perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan para calon peserta program PTSL.

“Para pemilik tanah yang akan mengikuti program PTSL supaya memperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Mohon dipahami  hal-hal yang akan dibebankan kepada peserta program PTSL supaya tidk salah paham,” kata dia.

Nanti dalam pelaksanaannya, lanjut Kades Ciheulangtonggoh, pemilik tanah akan dikenai beban biaya blangko dan pemasangan patok di setiap sudut bidang tanah. Jadi masyarakat harus bersiap-siap dari sekarang untuk mempersiapkan dananya.

“Program PTSL ini memberikan ke kemudahan dan kecepatan dalam pembuatan sertifikat. Kita tahu dengan memiliki sertifikat, efeknya cukup bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar kades.

Penyuluhan program PTSL bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian yang kepada warga terkait program tersebut. Endang mengharapkan masyarakat di desanya bisa menjadi peserta program PTSL. (*)  

Print Friendly, PDF & Email