Bupati Dorong PMI untuk Kembangkan Inovasi Pelayanan Publik

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan harapan dan arahan kepada para peserta Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mendorong Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mengembangkan gagasan inovatif dalam rangka mengembangkan pelayanan kepada masyarakat. Sejalan dengan itu PMI harus bisa mengajak masyarakat agar tertarik untuk berdonor darah.

“PMI harus berhasil menemukan ide dan gagasan yang berdampak positif, khususnya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata bupati pada Musyawarah Kerja (Musker) PMI Kabupaten Sukabumi di Pendopo Sukabumi, Senin (25/1/2021).

Tugas PMI tidak sekadar mencari pendonor darah, lanjut Marwan, organisasi kemanusiaan ini pun memiliki tanggung jawab besar dalam penanggulangan bencana. Lingkup tugas dan pekerjaan PMI cukup kompleks.  

“Kami harapkan dari musyawarah kerja ini lahir ide untuk mengoptimalisasi kegiatan PMI ke depannya, khususnya dalam percepatan pelayanan masyarakat,” ujar bupati.

Selain itu PMI bisa menggali dan mengoptimalkan potensi di masyarakat yang dapat diikutsertakan dalam kegiatan donor darah seperti kalangan perusahaan swasta dan instansi pemerintah. 

“PMI bisa mengajak para pegawai negeri dan swasta untuk berdonor. Nanti untuk kalangan pegawai negeri, saya akan memperkuatnya dengan menerbitkan instruksi bupati tentang imbauan pegawai agar rutin berdonor darah,” ucapnya.

Kegiatan Musker PMI diikuti oleh seluruh relawan PMI yang bergiat di tingkat kecamatan secara daring internet.

Di tempat yang sama Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr. Hondo Suwito mengatakan, para peserta musker siap melaksanakan permintaan bupati untuk mencari ide dan gagasan baru dalam mengembangkan layanan kepada masyarakat.

Musker, kata Hondo, akan menampung sebanyak-banyak gagasan dari para peserta untuk menyusun program kerja PMI Kabupaten Sukabumi tahun 2021 agar manfaatnya bisa langsung dinikmati oleh masyarakat. 

“Makanya, musyawarah kerja ini dilaksanakan secara virtual agar dapat diikuti semua kecamatan,” jelasnya. 

Lebih lanjut Hondo mengatakan, PMI Kabupaten Sukabumi sebagai organisasi kemanusiaan selalu siap diterjunkan untuk membantu sesama. Hondo menegaskan, PMI memiliki personel yang siap tempur. 

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan terima kasih kasih kepada beberapa kecamatan dan perusahaan yang aktif mendorong masyarakat atau pegawainya untuk berdonor darah.

“Di masa pandemi ini, ada lima kecamatan dan satu perusahaan yang aktif mendorong masyarakat mendonorkan darah. Terima kasih telah membantu kami,” ungkapnya.

Di akhir kegiatan dr. Hondo menyerahkan penghargaan PMI kepada lima kecamatan dan satu perusahaan tergiat dalam berdonor darah. Kelima kecamatan peraih penghargaan terdiri dari Kecamatan Kadudampit, Cicantayan, Warungkiara, Kebonpedes, dan Purabaya. Sementara perusahan yang meraih reward adalah PT Sarandi. (*)

Print Friendly, PDF & Email