Kades Cibodas Pimpin Gerakan Jumat Bersih di Pamatutan

oleh -
Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman (tengah) bersama masyarakat ketika mengikuti gerakan Jumat Bersih.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo  

Kepala Desa (Kades) Cibodas, H. Ujang Suparman memimpin kegiatan gotong royong gerakan Jumat Bersih bersama perangkat desa, para tokoh, dan masyarakat. Kerja bakti diselenggarakan di Kampung Pamatutan RT 06 RW 01, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jumat (22/1/2021).

banner 970x90

Jumat Bersih digelar dari pagi hingga siang hari. Dalam gerakan Jumat Bersih itu, Kades Ujang dan warga memunguti sampah di lingkungan permukiman dan tepi jalan. Sebagian peserta gotong rotong membabat rumput yang tumbuh liar di sekitar jalan dan gang. Warga yang lain memangkas daun bambu dan pepohonan yang sudah terlalu panjang.  

“Kegiatan ini merupakan bakti sosial yang diikuti seluruh lapisan masyarakat. Kami rutin melaksanakannya setiap hari Jumat. Alhamdulillah, warga bersemangat mengikuti Jumah Bersih,” kata Ujang ketika ditemui di Kampung Pamatutan.

Dari gerakan tersebut, ujar dia, semangat kerja sama warga untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan tumbuh dengan baik. Antara warga yang satu dengan lainnya saling mengajak dan mendorong untuk mensukseskan Jumat Bersih pada tiap Jumat pagi.

“Melalui gerakan ini, kami bekerja bakti untuk bersama-sama membersihkan lingkungan. Dengan adanya Jumat Bersih, warga di desa kami menjadi terbiasa dengan tradisi menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan,” tutur Ujang.

Selain untuk membuat lingkungan menjadi bersih dan sehat, lanjut kades, Jumat Bersih juga bertujuan untuk menambah keakraban dan kekompakan perangkat desa Cibodas  dengan masyarakat.

Pada kegiatan ini, warga bisa saling menyapa dan bertukar informasi tentang keadaan sehari-hari dan kegiatan pembangunan yang sedang dilaksanakan di Desa Cibodas. (*)  

Print Friendly, PDF & Email