Kades Bojonglongok Telaten Menjaga Kebersamaan Perangkat Desa

oleh -
Suasana kekeluargaan terbentuk di tengah kebersamaan seperti makan liwet bersama yang dilakukan perangkat desa di Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Kepala Desa (Kades) Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Didim Syaripudin dikenal sebagai pemimpin yang mengutamakan pengayoman dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Di bawah kepemimpinannya, perangkat desa di Desa Bojonglongok berada dalam kodnsii solid dan kompak.

banner 970x90

“Kami dituntut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Agar hal itu dapat terwujud, perangkat desa harus selalu menjaga soliditas dan kekompakan untuk meningkatkan kepuasan publik,” kata Kades Didim kepada wartawan, Kamis (21/1/2021).

Banyak cara yang dilakukan Didim untuk menjaga dan mewujudkan kebersamaan perangkatnya. Salah satunya dengan menggelar makan liwet bersama di kantor desa. Walaupun menu dan lauknya sederhana, makan bersama seperti itu dapat menumbuhkan perusaudaraan dan kebersamaan.

“Kami di desa rutin menyelenggarakan makan liwet bersama dengan menu sederhana. Tidak perlu bermewah-mewah karena tujuannya untuk menjaga kekompakan dan meningkatkan silaturahmi,” kata Didim.

Apapun situasi dan kondisinya, lanjut dia, perangkat desa harus selalu dalam keadaan solid dan kompak untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Semua ini, kata dia, muaranya pada tujuan bagi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga selalu menekankan aparat desa untuk mengutamakan ketulusan dan keikhlasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena apa? Karena memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat memiliki nilai ibadah,” tutur kades.

Cara lain yang ditempuh Kades Didim dalam menjaga kekompakan adalah memperlakukan perangkat desa sebagai keluarga sendiri. Setiap saat, Didim selalu menanyakan kabar dan kondisi keluarga perangkat desa. Jika ada perangkat desa atau keluarganya yang sakit, kades selalu menyempatkan diri untuk menjenguk.

“Saya harus cermat dan telaten memperhatikan keadaan keluarga perangkat desa,” ungkapnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email