Pemkab Sukabumi Matangkan Persiapan Hadapi Revalidasi Geopark

oleh -
Plt Asda II Setda Kabupaten Sukabumi H. Ahmad Riyadi ketika menyampaikan paparan pada rapat koordinasi persiapan revalidasi kawasan geopark yang dipimpin Pj. Sekda H. Zainul S (kedua dari kiri).

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemkab Sukabumi menargetkan status Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGG) tetap mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Karena itu seluruh jajaran dan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sukabumi harus terus mematangkan persiapan menghadapi revalidasi geopark pada bulan Agusutus nanti.

banner 970x90

Hal ini dikatakan Pj. Sekda Kabupaten Sukabumi, Zainul S. saat memimpin rapat koordinasi persiapan menghadapi revalidasi di Pendopo Sukabumi, Senin (18/1/2021). Pada rapat itu Zainul menyampaikan arahan kepada para peserta rapat dari berbagai perangkat daerah dan para camat yang wilayahnya masuk kawasan CPUGG.

“Kami meminta kerja sama dan dukungan semua perangkat daerah dalam menghadapi revalidasi geopark di Kabupaten Sukabumi. Kita harus mempertahankan status geopark agar tetap diakui UNESCO sebagai CPUGG. Agar lulus revalidasi, kita harus dapat memenuhi semua kriteria dari UNESCO,” kata Zainul. 

Selama ini, Pemkab Sukabumi, ujar dia, terus meningkatkan berbagai prasarana dan sarana untuk menunjang kawasan geopark. Langkah tersebut membutuhkan dukungan dari semua perangkat daerah. 

“Seluruh perangkat daerah siap untuk berpartisipasi dalam mempertahankan status CPUGG, terutama delapan kecamatan yang masuk kawasan geopark,” kata Pj. Sekda.

Tim asesor, lanjutnya, akan datang ke kawasan geopark untuk revalidasi pada Agustus mendatang. Perlu sinergitas setiap perangkat daerah dalam mendukung peningkatan geopark. 

Ke depan, komunikasi yang terjalin harus semakin baik dalam pengelolaan CPUGG. Sehingga, manfaatnya benar benar dirasakan semua pihak. 

Dia mengharapkan dengan pengelolaan yang berkualitas,  kunjungan wisata ke CPUGG akan meningkat.  

Sementara itu Plt Asda II Setda Kabupaten Sukabumi H. Ahmad Riyadi mengatakan, hal-hal yang terkait dengan revalidasi sudah dipersiapkan, baik secara administrasi maupun implementasi di lapangan.

Delapan kecamatan yang wilayahnya masuk CPUGG terdiri dari Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Kecamatan Surade. (*)

Print Friendly, PDF & Email