Kondisi Jalan Bapoy Mengancam Keselamatan Pengguna Jalan

oleh -
Warga bergotong royong untuk menutup lubang dengan berangkal pada jalur jalan Babakan Pamoyanan.

Wartawan Herman Suherman

Kondisi jalan di sekitar tikungan Babakan Pamoyanan (Bapoy) pada jalur penghubung Sukaraja-Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi sangat mengkhawatirkan. Di sekitar tikungan itu banyak lubang yang lapisan aspalnya terkelupas. Di dasar lubang terdapat kerikil-kerikil tajam yang dapat mengancam keselamatan pengguna jalan.

banner 970x90

Jalur jalan ini menuju arah Gegerbitung, bentuknya agak menanjak dengan dua belokan tipis ke kanan dan kiri. Di kedua sisi jalan tidak terdapat drainase sehingga pada musim hujan, aliran air dari atas langsung masuk ke badan jalan dan menggerus lapisan aspal.

Kondisi itulah yang memicu terbentuknya lubang-lubang pada badan jalan. Selama musim hujan, lubang-lubang tersebut dipenuhi dengan air.

“Lubangnya cukup dalam. Ketika tertutup air, lubang tersebut menjebak pengguna sepeda motor hingga terguling. Saya sering menyaksikan pengendar motor yang terguling setelah kendaraannya terperosok ke dalam lubang,” kata seorang warga Kampung Bapoy, Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Senin (18/1/2021).

Pengguna jalan harus ekstra hati-hati ketika akan melewati tikungan menjelang Babakan Pamoyanan pada jalur jalan penghubung Sukaraja-Gegerbitung.

Jalan ini belum lama diperbaiki, lanjut dia, tapi di sekitar tikungan Bapoy banyak bagian jalan yang rusak. Warga telah melaporkan hal itu ke instansi pemerintah terkait.

Penduduk di sekitar tikungan tersebut mengupayakan agar kondisi jalan tidak terlalu membahayakan yaitu menutup lubang dengan berangkal.

“Banyak pengemudi kendaraan bermotor yang mengeluh atas kondisi jalan yang rusak ini. Mudah-mudahan jalan ini segera diperbiki oleh pemerintah,” tutur dia. (*)  

Print Friendly, PDF & Email