Camat Surade Pimpin Penanaman Mangrove di Tiga Pantai

oleh -
Aksi penanaman pohon mangrove di pesisir Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.
Camat Surade Ukat Sukayat (tengah) melepas rombongan tim reboisasi yang akan menggelar penanaman mangrove.

Wartawan Dicky Sopyan

Tim gabungan dari berbagai unsur pemerintahan dan masyarakat Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi  menggelar penanaman pohon mangrove di tiga muara pantai, Sabtu (16/1/2021).  Mereka bergerak dari Balai Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade menuju lokasi reboisasi. Lokasi penanaman di Desa Cipeundeuy. .

banner 970x90

Rombongan dilepas oleh Camat Surade Ukat Sukayat. Setelah menerima arahan dari camat, tim berangkat beriringan menuju pesisir Pantai Muara Cipasung, Pantai Cikalapa, dan  Muara Cipamarangan yang merupakan batas desa Cipeundeuy dengan Desa Buniwangi, Kecamatan Surade.

“Ketiga lokasi penanaman mangrove tersebut dipilih karena semuanya berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Ombaknya besar sehingga pantai-pantai tersebut membutuhkan penahan berupa akar pohon mangrove,” kata Camat Ukat ketika ditemui di lokasi kegiatan.

Begitu tiba di lokasi penanaman, tim menyebar ke berbagai titik untuk menebarkan dan menanam bibit mangrove di muara dan pantai. Mereka menancapkan bibit mangrove sejengkal demi sejengkal pada lahan kritis dan kosong di sekitar pantai.

Selain Camat Surade yang terlibat dalam kegiatan tersebut, tampak hadir  Kapolsek Surade, Danramil, Sat Pol PP, Dishub, Puskesmas, Kades Cipeundeuy, Karang Taruna, TAGANA, KPM BPNT, PKH, Pendaping PKH, BPP, PPL, Pramuka, dan sejumlah komunitas pencinta alam di Kecamatan Surade.

Jumlah pohon mangrove yang ditanam mencapai 4.000 batang. Pohon mangrove, tutur Ukat, memiliki beberapa fungsi antara lain fungsi konservasi untuk menahan abrasi, menahan gelombang pasang air laut,  dan tempat pembibitan alami berbagai hewan laut atau spawning ground.

”Beberapa spesies biota laut bisa bertelur dan beranak pinak di daerah hutan mangrove,” tuturnya.

Bibit mangrove yang ditanam merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia yang disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kesiapsiagaan Kemensos dalam menghadapi potensi gempa megathrust di selatan Pulau Jawa.

“Alhamdulillah penanaman pohon mangrove ini berjalan dengan lancar dan bisa diselesaikan sesuai target. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder yang terlibat dalam penanaman pohon mangrove ini,” kata Ukat. (*)

Print Friendly, PDF & Email