Jelang 11 Januari, TNI-Polri-Pemda Gelar Operasi Prokes Covid-19

oleh -
Petugas dari Polres Sukabumi mencegat mobil odong-odong yang para penumpangnya tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Menjelang pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) selama 11-25 Januari 2021 di Jawa dan Bali, Polres Sukabumi, Polda Jabar menggelar operasi yustisi bersama unsur TNI dan Pemkab Sukabumi di Palabuhanratu dan sekitarnya, Sabtu (9/1/2021).

banner 970x90

Walaupun tidak termasuk zona merah, Sukabumi tetap dijaga oleh aparat gabungan dari peningkatan kasus Covid-19. Operasi yustisi melibatkan personel gabungan dari Polres Sukabumi, Kodim 0622, dan beberapa perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sukabumi.

Dalam operasi ini, tim gabungan merazia warga masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker pada saat beraktivitas di area publik. Para petugas juga terus menyampaikan sosialisasi Pesan Ibu 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Kegiatan operasi dilaksanakan di sejumlah ruas jalan dan pusat-pusat keramaian. Tim juga mendatangi tempat-tempat berkumpulnya masyarakat.  

Pada operasi yustisi tersebut para petugas menjatuhkan berbagai bentuk sanksi kepada para pelanggar protokol kesehatan, khususnya mereka yang tidak mengenakan masker di tempat publik. Sanksi paling ringan berbentuk teguran lisan. Sedangkan sanksi lainnya berupa sanksi fisik seperti push up bagi laki-laki yang kuat dan membersihkan fasilitas umum.

Paur Humas Polres Sukabumi Ipda Aah Saepul Rohman  menjelaskan, operasi yustisi tersebut akan terus dilaksanakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Sukabumi. 

Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif, ujar Ipda Aah, telah memerintahkan anggotanya untuk aktif melaksanakan operasi yustisi dalam rangka penegakan protokol kesehatan dan 3M bersama unsur TNI dan pemda.

“Dengan adanya operasi yustisi diharapkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan 3M terus meningkat. Kami yakin jika masyarakat selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” kata Ipda Aah. 

Perintah operasi yustisi, lanjut dia, berlaku juga untuk semua Polsek di lingkungan Polres Sukabumi. Operasi dilaksanakan secara masif dengan kewajiban para petugas harus melaksanakan 3M. (*)

Print Friendly, PDF & Email