Bergabung dengan Tim Prokes, Babinsa Koramil 0712 Sosialisasikan 3M

oleh -
Tim prokes dari unsur TNI dan Polri menggelar operasi dan sosialisasi 3M di seputar Pasar Parungkuda dan sekitarnya.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Babinsa Koramil 0712 Parungkuda, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Koptu Sugiyanto  ikut terjun ke lapangan bersama tim protokol kesehatan (prokes) untuk mensosialisasikan Pesan Ibu 3M kepada masyarakat di teritorial binaannya, Sabtu (9/1/2021). Lokasinya di sekitar Pasar Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

“Operasi penegakan protokol kesehatan masih terus digencarkan karena kasus Covid-19 belum juga mereda. Selain itu di lapangan kami masih menemukan masyarakat yang tidak mentaati 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” kata Koptu Sugiyanto ditemui di sela-sela kegiatan sosialisasi 3M di Pasar Parungkuda.

Sebagai anggota satuan tertorial, Koptu Sugiyanto sering dilibatkan dalam operasi dan sosialisasi prokes dan 3M. Dia sangat menyayangkan masih ada masyarakat yang tidak mengenakan masker ketika berada di ruang publik seperti pasar atau pertokoan.

“Pada operasi dan sosialisasi hari ini, kami masih menemukan warga yang berada di tempat keramaian tanpa memakai masker. Kami prihatin dengan sikap warga seperti itu karena dapat memicu penyebaran wabah Covid-19 semakin meluas,” ujar dia.

Bersama Polri dan unsur lainnya dari tim prokes, Koptu Sugiyanto menyusuri kios-kios dan toko di seputar Pasar Parungkuda. Tim dengan telaten mendatangi warga yang tidak mengenakan masker satu persatu untuk memberikan pengarahan dan sosialisasi Pesan Ibu 3M.

“Warga tidak boleh memakai masker dengan keterpaksaan karena takut terjaring operasi yustisi. Idealnya warga memakai masker karena didorong oleh keinginan untuk menyelamatkan diri sendiri dan lingkungannya dari serangan Virus Corona,” ucap dia.

Sejak merebak wabah Covid-19 di wilayah Sukabumi, Koptu Sugiyanto aktif mengikuti berbagai operasi dan sosialisasi prokes. Dia juga sering dilibatkan dalam operasi yustisi dan penyekatan di kawasan perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Bogor.

Di dalam dan di luar tugas, dia juga selalu menyempatkan diri untuk menyampaikan Pesan Ibu 3M. Koptu Sugiyanto mengharapkan masyarakat memiliki kesadaran yang kuat untuk menjalankan prokes dan melaksanakan kebiasaan baru 3M.

Kegiatan sosialisasi 3M di Pasar Parungkuda berjalan lancar dan tertib. Warga yang tidak memakai masker dengan kesadarannya sendiri langsung mengenakan alat pelindung diri tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email