Peduli Lingkungan, Masyarakat Cicariu Bersihkan Pekarangan Masjid dan Pesantren

oleh -
Semangat warga Kampung Cicariu, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi dalam menjaga kebersihan lingkungan patut diacungi dua jempol.

Wartawan Dicky Sopyan

Warga Kampung Cicariu RT 08 RW 03 Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi bergotong-royong untuk kerja bakti membersihkan lingkungan masjid dan Ponpes Miftahussalam di kampung tersebut, Jumat (8/1/2021). Mereka kompak dalam aksi sosial itu dengan membawa peralatan milik masing-masing.

banner 970x90

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh warga RT 08 Kampung Cicariu. Ketua RT 08 Entis menyampaikan, bakti sosial tersebut selain untuk menjaga dan meningkatkan silaturahmi di antara warga juga untuk melestarikan kebersihan lingkungan kampung, terlebih untuk lembaga pendidikan Islam dan tempat beribadah. 

Dalam kerja bakti itu, semua warga bekerja dengan tekun dalam semangat kebersamaan dan kekompakan. Setiap orang mengerjakan hanca-nya masing-masing tanpa berebutan atau mengandalkan pekerjaan kepada orang lain. Sampai menjelang pukul 09.00 WIB, belasan orang telah tiba di lokasi kerja bakti.

“Kegiatan bersih-bersih ini merupakan kegiatan pertama di awal tahun 2021. Kami terpanggil untuk menyingkirkan sampah dari lingkungan masjid dan pesantren,” ujar Entis.

Warga yang terlibat dalam gotong royong menelisik lingkungan masjid dan pesantren untuk memunguti sampah yang berserakan di atas tanah. Mereka mengumpulkan sampah di dalam karung plastik. Warga juga mencbuti rumput liar yang tumbuhnya tidak teratur.  

“Bersih-bersih ini merupakan langkah untuk menggelorakan kembali tradisi gotong royong di kampung kami sepanjang tahun 2021,” tutur dia.

Entis mengharapkan  kerja bakti tersebut akan menumbuhkan kesadaran masyarakat sekitar dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Mudah-mudahan, kata dia, semangat warga semakin terpacu untuk mengikuti gotong royong.

“Harapan ke depan masyarakat sadar untuk selalu menjaga kebersihan di tempat tinggalnya agar tercipta lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat,” ujar Entis. (*)

Print Friendly, PDF & Email