Pemdes Buana Jaya Mengaspal Jalan Cipanengah dengan Dana Desa

oleh -
Kepala Desa Buana Jaya, Kecamatan Bantaragdung, Kabupaten Sukabumi, Hardja Winata ketika monitoring pengaspalan jalan di Kampung Cipanengah.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemerintah Desa Buana Jaya melaksanakan pengaspalan jalan di Kampung Cipanengah dengan sumber biaya dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020. Desa yang terletak di Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi itu menghabiskan dana sebesar Rp306.324.000 untuk menyelesaikan kegiatan pembangunan infrastruktur tersebut.

banner 970x90

“Keseluruhan dana yang dialokasikan untuk pengaspalan di Kampung Cipanengah mencapai 306.324.000 rupiah,”  kata Kepala Desa Buana Jaya, Hardja Winata ditemui di lokasi pengaspalan jalan, Selasa (5/1/2021).

Karena pengaspalan itu sudah direncanakan sejak lama, ujar dia, Pemdes Buana Jaya tidak menunda-nunda tempo ketika DD telah dapat dicairkan. Hardja bersama perangkat desa dan lembaga desa lainnya langsung membentuk panitia pembangunan untuk mewujudkan pengaspalan jalan tersebut.   

“Setelah panitia terbentuk, kami langsung bekerja. Pembangunan jalan ini membutuhkan waktu 10 hari kalender sesuai rencana. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan tidak ada gangguan cuaca,” kata dia.

Panjang jalan yang diaspal mencapai 600 meter dengan lebar 2,5 meter. Proses pengerjaannya bisa cepat karena tinggal menambahkan lapisan aspal pada jalan. Apalagi dalam mengerjakan pengaspalan ini, para pekerja dibantu dengan alat berat seperti mesin penggilas jalan.

“Kami yakin selesai dalam hitungan hari. Mudah-mudahan bisa segera selesai dan warga dapat menikmati hasil kegiatan pengaspalan di Kampung Cipanengah,” tutur kades.

Fungsi jalan yang diaspal di Kampung Cipanengah sangat vital karena terakses langsung yang tersambung ke jalan nasional. Tiada lain harapan Hardja, pengaspalan jalan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email