Dinas Perkim Apresiasi Peran Forum Sukabumi Sehat dalam Pembangunan RTLH

oleh -
Salah satu hasil karya program renovasi RTLH dari kegiatan P2WKSS tahun anggaran 2020 yang dibantu oleh FSKSS.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi mengapresiasi peran Forum Silaturahmi Kabupaten  Sukabumi Sehat (FSKSS) dalam program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH). Program dimaksud berasal dari kegiatan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), Kabupaten Sukabumi Tahun Anggaran 2020.

banner 970x90

“Forum ini sangat membantu dan berperan dalam mensukseskan program renovasi RTLH dari kegiatan P2WKSS yakni pembangunan RTLH di Desa Limusnunggal Kecamatan Bantargadung,” kata Kepala Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman kepada wartawan di Pendopo Sukabumi, Senin (4/1/2021).

Peran FSKSS yang diketuai Dra. Hj. Yani Jatnika Marwan Hamami, M.Pd. yang tidak lain istri Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, M.M. dalam program tersebut sangat besar. Kadang-kadang, ketua FSKSS mengeluarkan dana dari saku pribadi untuk menunjang kelancaran renovasi RTLH tersebut.

“FSKSS membantu tugas kami antara lain memverifikasi usulan dari kades dan kecamatan. Forum juga membantu proses pelaporan pertanggungjawaban,” ujar Dedi.

Sebenarnya kegiatan renovasi RTLH merupakan ranah Dinas Sosial yang dialihkan sesuai regulasi kepada Seksi Rumah Khusus dan Rumah Swadaya pada Bidang Perumahan. Dinas Perkim melibatkan FSKSS karena kekurangan personel lapangan. Dedi juga melibatkan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang merupakan kepanjangan tangan Dinas Sosial. 

“Adanya forum tersebut sangat membantu kami. Tugas FSKSS hanya membantu. Karena itu saya yakin betul bahwa forum FSKSS tidak memiliki peluang untuk menyelewengkan anggaran,” tutur Dedi.

Forum tidak berada dalam mata rantai pencairan dana renovasi RTLH. Pencairan dana dari kas daerah langsung ditransfer ke rekening panitia pelaksana pembangunan di tingkat desa. Selanjutnya oleh panitia, dana tersebut dibayarkan kepada toko material bangunan. 

Secara keseluruhan di Kabupaten Sukabumi dari program tersebut, Dedi dan jajarannya berhasil membangun 1.600 unit RTLH. Keberhasilan ini, kata dia, merupakan hasil kerja keras dan kerja sama semua kalangan, termasuk FSKSS dan masyarakat. Dinas Perkim dan forum melaksanakan monitoring dan evaluasi, sedangkan pertanggunjawaban dibuat oleh panitia di tingkat kecamatan dan desa. (*)

Print Friendly, PDF & Email