UPTD Dukcapil Jampangtengah Konsisten Terapkan Prokes

oleh -
Warga yang datang ke Kantor UPTD Dukcapil Jampangtengah yang tidak mengenakan masker akan ditawari masker gratis dari kantor atau pulang dulu untuk mengambil masker milik pribadi.

Wartawan Dicky Sopyan

Kebijakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Wilayah V Jampangtengah tidak dapat ditawar-tawar. Unit kerja di bawah Dinas Dukcapil Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini menerapkan aturan yang ketat terkait protokol kesehatan (prokes).

banner 970x90

“Kami harus tegas dalam menerapkan aturan protokol kesehatan. Tidak ada toleransi, warga yang tidak memakai masker tidak boleh masuk ke kantor kami,” kata Kepala UPTD Dukcapil Jampangtengah, Iwan Suherlan di kantornya, Senin (4/1/2021).

Kebijakan yang diterapkannya itu, ujar dia, merupakan salah upaya untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. Warga yang datang ke kantornya untuk mendapatkan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan dan catatan sipil seperti KTP, KK, dan akta kelahiran harus mentaati prokes. 

“Kalau ada warga yang tidak memakai masker, kami akan memberikan panawaran. Apakah akan memakai masker yang kami berikan atau pulang dulu untuk mengambil masker sendiri? Biasanya mereka menerima masker yang kami tawarkan,” ujar Iwan.

Kewajiban memakai masker juga berlaku bagi pimpinan, staf, dan karyawan UPTD Dukcapil Jampangtengah. Hal ini untuk melindungi para pegawai dan warga yang datang dari berbagai kecamatan dari penularan Virus Corona.

“Penggunaan masker di lingkungan yang banyak orang merupakan salah satu bentuk pertahanan untuk menangkal Virus Corona. Prinsip kami, pertahanan terbaik terhadap serangan penyakit adalah pencegahan,” kata dia. 

Iwan dan jajarannya akan berupaya agar persediaan masker di kantornya mencukupi untuk melayani warga yang datang tanpa mengenakan alat pelindung diri tersebut. Semua pengunjung yang masuk kedalam ruangan kerja UPTD Dukcapil Jampangtengah harus dalam kondisi memakai masker.

“Selama persediaan ada, masker akan kami berikan secara cuma-cuma,“ tuturnya.

Selain itu UPTD Dukcapil Jampangtengah juga memberlakukan kewajiban bagi tamu untuk mencuci tangan di wastafel yang disediakan di depan kantor. Ada sabunnya sekalian. Setelah berada di dalam ruangan, para tamu harus menjaga jarak paling dekat satu meter dalam keadaan memakai masker. (*)

Print Friendly, PDF & Email