Warga PNG Lancarkan Usaha Lahir Batin untuk Mengusir Covid-19

oleh -
Warga Perumahan Nirwana Graha di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi selalu mengenakan masker pada setiap kegiatan yang dihadiri banyak orang.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Memasuki tahun baru 2021 warga Perum Nirwana Graha (PNG) Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi tetap semangat menerapkan protokol kesehatan (prokes) terutama pesan Ibu 3M. Langkah tersebut merupakan bentuk ikhtiar mereka dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19.

banner 970x90

Pada setiap kegiatan, warga PNG yang lokasi perumahannya terletak di kawasan legendaris Koleberes selalu menjalankan aturan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Begitu juga pada kegiatan ibadah di masjid, jamaah selalu mengamalkan 3M, khususnya memakai masker.

“Semangat lembaran baru di awal 2021, kami tidak akan pernah lelah menerapkan protokol kesehatan selama Virus Covid-19 belum berakhir di negeri ini terutama di Kota Sukabumi,” kata salah seorang warga PNG, Ustadz Ujang Beni Ibrahim (Ubi) usai melaksanakan sholat Jumat di kawasan Koleberes, Jumat (1/1/2021).

Ke mana pun warga PNG pergi, ujar Ubi, bisa dipastikan mereka akan memakai masker. Mereka juga selalu menjaga jarak tanpa harus mengurangi silaturahmi sebagai sesama Muslim. Untuk mencuci tangan, warga konsisten membawa hand sanitizer yang dapat digunakan setiap saat.

“Kami selalu saling mengingatkan agar menerapkan 3M setiap hadir di tempat kegiatan yang melibatkan banyak orang. Setiap bepergian jangan lupa membawa hand sanitizer untuk mencegah kesulitan menemukan wastafel publik,” ujar dia.

Bersama warga PNG, Ubi juga secara rutin memanjatkan doa berisi permohonan kepada Allah SWT untuk mengakhiri wabah Covid-19. Jadi, selain menjalankan Pesan Ibu 3M, warga PNG juga menempuh upaya batin yakni ibadah dan berdoa.

Dampak pandemi Covid-19 luar biasa terhadap berbagai sektor kehidupan. Ekonomi melemah dan daya beli masyarakat anjlok. Di saat pemerintah sedang melakukan pemulihan ekonomi, wabah terus merajalela dengan bertambahnya pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

“Mamang masih ada sebagian kalangan masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Hal itulah yang menyebabkan wabah Covid-19 sulit hilang,” tutur dia.

Ubi mengharapkan semangat disiplin dalam menjalankan Pesan Ibu 3M dapat melingkupi warga di seluruh perumahan, permukiman penduduk, komunitas, perkantoran, pasar, dan sekolah. Semua itu harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan masyarakat. Ubi dan para tetangga telah memulai di lingkungan PNG. (*)  

Print Friendly, PDF & Email