Pimpin Rapat Evaluasi Akhir Tahun, Bupati Minta SKPD Bekerja dengan Cepat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menerima penghargaan KNPI Award pada rapat evaluasi akhir tahun 2020 di Palabuhanratu.

Wartawan M. Ridwan

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memerintahkan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan di lingkungannya masing-masing dengan cepat dan tepat. Dengan demikian, SKPD harus bekerja keras agar dapat memberikan manfaat yang nyata kepada masyarakat.

banner 970x90

Instruksi bupati itu disampaikan pada rapat evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Sukabumi tahun 2020 bertempat di aula Setda Pemkab Sukabumi, Palabuhanratu, Rabu (30/12/2020). Pada rapat itu, bupati mendengarkan laporan capaian kinerja dari berbagai dinas sampai dengan tahun 2020.

“Kita harus bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di setiap perangkat daerah secara cepat dan cermat agar apa yang kita kerjakan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar bupati. 

Selanjutnya, kepala daerah menekankan pentingnya seluruh perangkat daerah untuk merancang program-program yang terukur manfaatnya bagi masyarakat. Untuk itu, kata Marwan, para kepala perangkat daerah jangan terlalu banyak diam di kantor, mereka harus melakukan pengecekan atas hasil pekerjaan di lapangan.

“Atasi setiap permasalahan yang muncul di masyarakat, tangani  secara cepat, dan antisipasi dengan baik,” tutur dia. 

Terkait pelayanan kesehatan, bupati meminta jajaran Dinas Kesehatan untuk memberlakukan sistem jemput bola. Ke depan pelayanan kesehatan di puskesmas harus digratiskan. Dia meminta kepala  Dinas Kesehatan dan pejabat terkait untuk mempelajari aturan agar pemda dapat menggratiskan pelayanan kesehatan.

“Selain itu kami minta ada pelayanan dokter masuk kampung. Dokter berkeliling kampung untuk memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat,” kata Marwan.

Berbicara tentang upaya mengatasi kemacetan, bupati mengajukan program pembangunan infrastruktur untuk membangun dan memperbanyak jalan alternatif. Nantinya jalan alternatif bisa dijadikan prasarana penunjang perekonomian masyarakat dan pariwisata. 

Bupati juga mengajak masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi. Dia mengimbau warga untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir.

Rapat evaluasi akhir tahun diawali dengan penyerahan penghargaan KNPI Award  tahun 2020 kepada bupati sebagai kepala daerah penyelenggara pelayanan kepemudaan terbaik dan penghargaan Anugerah  Siddhakarya dari Gubernur Jawa Barat sebagai bupati penyelenggara pemerintahan terbaik. (*)

Print Friendly, PDF & Email