Puluhan CPNS Ditempatkan sebagai Bendahara Pembantu Kelurahan

oleh -
Kantor Kelurahan Warudoyong, Kecamatan Warudoyong kini memiliki tenaga BPP yang mendukung sistem pengelolaan keuangan di kantor kelurahan tersebut.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Sebanyak 33 kantor kelurahan di Kota Sukabumi kini mempunyai tenaga yang masih gress untuk jabatan Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP). Tenaga BPP ini diambil dari 114 Calon PNS yang dilantik oleh Wali Kota Sukabumi beberapa waktu lalu. Rekrutmen BPP dari CPNS ini sejalan dengan kebutuhan personel di kantor kelurahan setelah adanya Dana Kelurahan.

banner 970x90

Kabid Kepegawaian pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi, Taufik Hidayah, Rabu (30/12/2020), melalui telepon seluler menjelaskan, secara umum di Kota Sukabumi posisi untuk pengelola keuangan di kantor kelurahan kesulitan orang. Penyebabnya harus berkualifikasi pendidikan akuntansi.   

“Makanya pada saat penyusunan formasi CPNS 2019, kami merekrut  lulusan pendidikan akuntansi yang fresh graduate untuk tenaga Bendahara Pengeluaran Pembantu di 33 kantor kelurahan,” ujar Taufik.   

Dengan ditempatkannya para BPP di setiap kelurahan, kata dia,  tidak ada lagi keluhan dari perangkat di kantor kelurahan dan kantor kecamatan tentang kurangnya tenaga bendahara. Posisi BPP di kantor kelurahan se-Kota Sukabumi telah terisi dengan komposisi satu orang di tiap kelurahan.

Saat ini, para BPP tersebut sudah mendapatkan SK. Selanjutnya mereka akan mengikuti  pendidikan latihan dasar (Diklatsar) CPNS atau dulu disebut prajabatan. 

Sedangkan 81 CPNS lainnya dari rekrutmen 2019 ditempatkan menyebar di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). (*)

Print Friendly, PDF & Email