BPJS Kesehatan Terjun ke Lapangan untuk Pastikan KIS Diterima Penerima Bantuan

oleh -
Pejabat Pengganti Sementara Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta pada BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Karlina (kiri) ketika berkunjung ke rumah pemegang KIS.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Guna memastikan bahwa pendistribusikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) tepat sasaran kepada warga yang berhak menerimanya, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi melakukan pengecekan secara intensif ke lapangan. Melalui pengecekan tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi juga melakukan updating data penerima KIS sesuai dengan data kependudukan.

banner 970x90

Pejabat Pengganti Sementara (Pps) Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta pada BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Karlina kepada wartawan, Rabu (30/12/2020), menegaskan, KIS harus diterima oleh warga yang terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK). Mereka adalah penerima bantuan dari pemerintah untuk pembayaran iuran BPJS setiap bulan.

“Kami terjun ke lapangan untuk spot check guna memastikan peserta PBI JK telah menerima KIS. Selain itu untuk melakukan update data agar sesuai dengan dokumen kependudukan,” ujar Karlina.

Sambil menyelam minum air, Karlina juga menyampaikan sosialisasi seputar program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terkini yang meliputi hak dan kewajiban sebagai peserta, prosedur atau alur pelayanan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, serta manfaat program JKN-KIS bagi masyarakat.

“Kunjungan langsung petugas BPJS Kesehatan tersebut dimanfaatkan oleh penerima bantuan untuk memahami JKN-KIS lebih dalam. Sebagian pemegang KIS menyampaikan kendala saat mereka menggunakan KIS untuk berobat. Semua yang disampaikan masyarakat adalah bentuk feedback langsung untuk penyelenggaraan JKN-KIS yang lebih baik lagi,” kata dia.

Petugas yang diterjunkan ke lapangan, lanjut Karlina, menjawab dan memberikan arahan kepada pemegang KIS yang sering menghadapi kendala. Ada juga keluhan seputar kesulitan mengakses pelayanan kesehatan yang mereka alami. 

“Kami memberikan solusi untuk menjawab keluhan-keluhan tersebut,” tuturnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email