Kubahnya Seperti Gedung Putih Amerika, Kantor Desa Gunungkaramat Selesai Februari 2021

oleh -
Pembangunan Kantor Desa Gunungkaramat masih dalam tahap pengerjaan, ditargetkan selesai pada bulan Februari bulan depan.

Wartawan M. Ridwan

Bangunan Kantor Desa Gunungkaramat di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pembangunannya direncanakan tuntas pada bulan Februari 2021. Kantor desa ini tergolong unik karena kubahnya menyerupai bentuk kubah Gedung Putih di Washington DC Amerika Serikat.

banner 970x90

“Kami membangun gedung kantor desa dua lantai dengan bangunan gaya Eropa. Kubahnya menyerupai kubah di Gedung Putih, kantor Presiden Amerika Serikat,” kata Kepala Desa Gunungkaramat, Subaeta kepada wartawan, Sabtu (26/12/2020).

Kantor desa tersebut berukuran 16 meter x 14 meter, tergolong besar dan penampilannya megah. Saat ini proses pembangunannya sudah sampai tahap pengecoran tiang balok yang akan segera dilanjutkan dengan pembuatan dinding bangunan.

“Kami akan berjuang dengan sekuat tenaga agar pembangunan kantor desa selesai pada bulan Februari tahun depan,” ujar Subaeta.

Biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan kantor desa itu sekitar Rp550 juta. Sementara Pemdes Gunungkaramat hanya punya modal awal sebesar Rp97,8 juta dari bantuan provinsi (banprov).

“Kekurangannya sangat besar, mencapai ratusan juta rupiah. Walaupun begitu, kami tetap akan menyelesaikan pembangunan gedung kantor desa ini hingga tuntas,” ujar Subaeta.   

Selama ini, sebagian biaya pembangunan kantor desa berasal dari swadaya masyarakat. Secara bergiliran warga dari tiap kedusunan menyumbangkan tenaga untuk mempercepat pembangunan tersebut.  

“Sementara kami berkantor di bangunan eks puskesmas pembantu yang terletak di seberang kantor desa,” kata dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email