Desa Ciheulangtonggoh Manfaatkan Banprov untuk Membangun Bronjong

oleh -
Jalur tanah di belakang kantor Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi posisinya rawan longsor karena berbentuk tebing.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Guna mencegah longsor dan pergerakan tanah, Pemerintah Desa (Pemdes) Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi membuat bronjong pada jalur tebing di belakang kantor desa setempat. Pembuatan bronjong tersebut dibiayai oleh dana bantuan provinsi (banprov) tahun anggaran 2020.

banner 970x90

Lokasi pembangunan terletak di Kampung Ciheulangtonggoh RT 01 RW 03 Desa Ciheulangtonggoh. Lahan tersebut berupa tebing yang cukup curam dan keadaannya rawan longsor. Di bawahnya terdapat selokan berukuran lebar sekitar 2 meter.

“Kalau tidak dipasang bronjong, kami khawatir tebing di belakang kantor desa akan mengalami longsor. Dampaknya bisa menimpa bangunan kantor desa,” kata Kepala Desa Ciheulangtonggoh, Endang Junaedi saat ditemui awak media di kantornya, Senin (21/12/2020).

Jalur bronjong yang dibangun mempunyai panjang 25 meter, lebar 1 meter, dan tinggi  3  meter. Dana yang dihabiskan untuk membuat bronjong mencapai Rp90,7 juta yang semuanya dari banprov 2020.  

Pembangunan bronjong, ujar Endang, sudah dibahas dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tahun 2018, dimasukkan ke dalam program pembangunan pada musrenbang 2019, dan direalisasikan tahun ini.

“Sampai sekarang, kegiatan pembangunan bronjong masih berlangsung,” tutur Endang. (*)

Print Friendly, PDF & Email