Cairkan Bantuan Presiden, Pelaku UMKM Datangi BRI Ciracap

oleh -
Antrean pelaku usaha mikro bertumpuk di depan Kantor Unit BRI Ciracap untuk mengurus pencairan BPUM.

Wartawan Dicky Sopyan

Sejumlah pelaku usaha rela berdesak-desakan di Bank BRI Unit Ciracap, Kabupaten Sukabumi untuk mencairkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Senin (21/12/2020). Mereka akan mengambil dana bantuan dari Presiden RI sebesar Rp2,4 juta.

banner 970x90

Akibat telalu banyak pelaku usaha mikro yang akan mencairkan BPUM, kerumunan pun tidak terhindarkan. Sejak pagi Kantor Unit Bank BRI yang terletak di Jalan H. Anwar Ciracap tersebut dipenuhi warga yang akan mengurus BPUM.

Jaelani (54), salah seorang seorang pelaku usaha mikro yang tinggal di  Kampung Simpang RT 01 RW 07 Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap mengatakan, dirinya sudah stand by di BRI sejak pukul 08.00 WIB. Di bawah cuaca mendung, pagi-pagi sudah banyak orang yang mengantre.

Dia mendapat informasi dari pengecekan melalui eform.bri.co.id., namanya tercantum sebagai penerima bantuan. Tanpa menunda tempo, Jaelani pun datang ke BRI untuk mengecek kebenaran informasi dari internet tersebut sekalian mengurus pencairan bantuan.

“Antrean sangat panjang dan penuh. Tapi saya tetap rela mengantre menunggu panggilan dari petugas bank,” kata Jaelani. 

Sehari-hari Jaelani menjalankan usaha warung kelontongan. Dia mengakui merasa khawatir ketika berada di tengah kerumunan. Jaelani takut ketularan Virus Corona di tengah wabah yang belum juga berakhir.  

Koordinator Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Ciracap, Tuba bersama 4 orang rekannya terjun ke kantor unit BRI untuk melakukan monitoring. Dia berusaha keras untuk mengatur posisi warga agar tidak membentuk kerumunan.

Satgas juga terus mengimbau warga untuk memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk dan sesudah keluar ruangan pelayanan. (*)

Print Friendly, PDF & Email