Pemerintah Pusat Tetapkan Kota Sukabumi sebagai Kota Peduli HAM 2019

oleh -
Kepala Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Jawa Barat, Imam Suyudi (kanan) menyerahkan sertifikat Kota Peduli dan Layak HAM Tahun 2019 kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemerintah pusat melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM) menetapkan Kota Sukabumi sebagai Kota Peduli dan Layak HAM tahun 2019. Atas prestasi itu, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menerima sertifikat Kota Peduli dan Layak HAM 2019.

banner 970x90

Serah terima sertifikat tersebut dilangsungkan di Kantor Wilayah Kemenkum HAM Provinsi Jabar, Jalan Jakarta Nomor 27 Kota Bandung, Senin (14/12/2020). Penghargaan diserahkan oleh Kepala Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Jawa Barat, Imam Suyudi. 

Kota Sukabumi sudah enam kali meraih sertifikat paling bergengsi untuk pelaksanaan prinsip-prinsip HAM di daerah itu.

“Syukur alhamdulillah, kota sudah enam kali meraih penghargaan sebagai kota peduli dan layak HAM,” kata Fahmi setelah menerima penghargaan.

Pemberian penghargaan kota peduli dan layak HAM diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari HAM Sedunia ke-72. Untuk tingkat Jabar, peringatan tersebut dipusatkan di Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jabar.

Piagam yang diterima wali kota itu ditandatangani oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. 

Penghargaan yang diterimanya, ujar Fahmi, memiliki konsekuensi dan tanggung jawab bagi Pemkot untuk semakin meningkatkan pelayanan dan pembangunan di bidang HAM. Hal ini sesuai dengan amanat dari Presiden RI, Menteri Hukum dan HAM, dan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar pada acara penyerahan sertifikat Kota Peduli dan Layak HAM 2019.

“Status kota peduli dan layak HAM memotivasi Pemkot Sukabumi untuk menjaga dan meningkatkan komitmen untuk memperhatikan pelaksanaan HAM,” ujar Fahmi.

Peringatan Hari HAM Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Desember. Tujuannya untuk mendorong kemajuan pemenuhan HAM bagi semua warga negara. (*)

Print Friendly, PDF & Email