Disambut Masyarakat, Musrenbang Desa Kabandungan Terapkan Prokes

oleh -
Kepala Desa Kabandungan Asep Saepudin menyampaikan arahan kepada para peserta Musrenbang tahun 2021.
Camat Kabandungan, Nanang Sukandi (kedua dari kiri) bersama Kepala Desa Kabandungan Asep Saepudin (kedua dari kanan) di meja pimpinan pada Musrenbang Desa Kabandungan untuk perencancaan kegiatan tahun 2021.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Pemerintah Desa Kabandungan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Semua peserta dan hadirin mengenakan masker dan menjaga jarak ketika berada di dalam tempat Musrenbang. 

banner 970x90

“Kami memberlakukan protokol kesehatan pada setiap kegiatan di tingkat desa maupun di tengah masyarakat, termasuk pada musyawarah hari ini. Penerapan protokol kesehatan bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di desa kami,” kata Kepala Desa Kabandungan, Asep Saepudin ketika ditemui wartawan setelah pelaksanaan Musrenbang, Senin (14/12/2020).

Musrenbang diselenggarakan di aula balai Desa Kabandungan di Jalan Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Pada kegiatan itu, semua peserta juga diarahkan untuk mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir sebelum masuk ke dalam ruangan.

Dengan demikian, ujar Asep, prokes yang diterapkannya meliputi langkah yang paling dasar yakni 3M atau mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Para peserta juga dianjurkan untuk membawa pulpen sendiri agar tidak meminjam kepada orang lain. Sebab ada kemungkinan Virus Corona juga bisa berpindah-pindah melalui alat tulis.

“Forum-forum seperti musrenbang ini juga dijadikan ajang sosialisasi protokol kesehatan dengan mempraktikkannya secara langsung,” ujar Kades Kabandungan.

Kegiatan musrenbang dihadiri Camat Kabandungan, Nanang Sukandi dengan para peserta dari berbagai unsur kelembagaan desa antara lain BPD, LPMD, kader PKK, guru PAUD, ketua RT, ketua RW, kepala dusun, pendamping desa, dan Karang Taruna. 

“Tujuan musyawarah ini adalah untuk menentukan kegiatan dan APBDes tahun anggaran 2021 serta evaluasi tahun 2020,” jelas Asep.  

Musrenbang tersebut, tambahnya, mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat yang dibuktikan dengan hadirnya para peserta yang diundang. Semuanya datang ke balai desa dengan mentaati prokes.

”Dengan adanya musyawarah ini seluruh program pemerintah desa nantinya lebih terukur, terarah, tepat guna, dan tepat sasaran sesuai dengan usulan masyarakat,” tuturnya.

Asep mengharapkan  pengusulan kegiatan, proses perencanaan, sampai pelaksanaan kegiatan di desa yang dipimpinnya dapat berjalan dengan lancar.

”Kami meminta dukungan dan peran aktif dari semua elemen masyarakat untuk mendukung program-program pembangunan guna memajukan Desa Kabandungan ke arah yang lebih baik lagi. Kami juga selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu melaksanakan 3M,” pengkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email