Hanya Dua di Jabar, Ekokardiografi Kini Ada di RSUD Sekarwangi

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meresmikan penggunaan alat echo jantung di RSUD Sekarwangi dengan menggunting pita di depan pintu ruangan penyimpanan alat tersebut.
Ekokardiografi yang diresmikan penggunaannya di RSUD Sekarwangi.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo  

RSUD Sekarwangi, Cibadak, Kabupaten Sukabumi resmi mengoperasikan echo jantung atau ekokardiografi untuk meningkatkan pelayanan bagi pasien penyakit jantung. Penggunaan alat echo jantung itu dilakukan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami  di RSUD Sekarwangi, Selasa (8/12/2020).

banner 970x90

“Di Jawa Barat baru dua rumah sakit yang punya alat seperti ini yaitu RSUD Hasan Sadikin dan sekarang RSUD Sekarwangi. Mudah-mudahan kehadiran alat ini bisa meningkatkan pelayanan secara signifikan kepada penderita penyakit jantung,” kata bupati.

Dengan adanya alat tersebut, warga Kabupaten Sukabumi harus bangga karena rumah sakit di daerah lain tidak memilikinya. Echo jantung  juga bisa dijadikan salah satu alat pendukung dalam penanganan pasien Covid-19.

“Salah satu kegunaan alat ini bisa mendeteksi kondisi jantung sehingga memudahkan dokter untuk menganalisis pasien Covid-19,” tutur bupati.

Melalui ekokardiografi, dokter bisa melihat pergerakan jantung dan aliran darah berdasarkan citra yang ditangkap oleh alat tersebut. Gambar bergerak pada alat ini  menunjukkan kondisi aliran darah melalui ruang dan katup jantung. (*)

Print Friendly, PDF & Email