Terapkan Prokes, Pilkada di Kabupaten Sukabumi Ditargetkan Kondusif dan Aman

oleh -
Pjs. Bupati Raden Gani Muhamad bersalaman model protokol kesehatan dengan Pangdam III Siliwangi yang berkunjung ke Sukabumi bersama Kapolda Jabar dan Kajati Jabar.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Di tengah penyebaran wabah Covid-19, Pemkab Sukabumi dan KPU Kabupaten Sukabumi akan terus berupaya untuk mewujudkan Pilkada yang aman, nyaman, tertib, dan lancar.

Terkait dengan hal itu, KPU Kabupaten Sukabumi menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat pada setiap tahapan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tersebut.

Demikian disampaikan Pjs. Bupati Sukabumi, Raden Gani Muhamad ketika menerima rombongan Muspida Jawa Barat di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi Nomor 92 Cibadak, Jumat (4/12/2020).

Semua pemangku kepentingan di Kabupaten Sukabumi, ujar Gani, berkomitmen untuk mewujudkan Pilkada yang terbebas dari penyebaran Virus Corona.

“Kami di Kabupaten Sukabumi telah berkomitmen untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 supaya tidak ada kluster Pilkada. Caranya dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ujar Pjs. Bupati Sukabumi.

Protokol kesehatan, terutama 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer diberlakukan sejak pembentukan dan rapat-rapat penyelenggara Pilkada yakni KPU dan Bawaslu serta jajarannya ke bawah. Di ruangan rapat, semua hadirin harus mengenakan masker dan menjaga jarak ketika duduk.

Selanjutnya dalam proses pendaftaran, distribusi logistik, penyampaian surat undangan, dan penyelenggaraan pemungutan suara, protokol kesehatan tetap diterapkan. Di TPS, para pemilik suara diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Pejabat Forkopimda Jabar yang berkunjung ke KPU Kabupaten Sukabumi terdiri dari Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri, Pandam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Nuryanto, dan Kepala Kejati Jabar Ade Adyaksa. Hadir pula Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok.

Tujuan kunjungan Forkopimda Jabar itu adalah untuk monitoring persiapan pelaksanaan Pilkada 2020 dan bersilaturahmi dengan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sukabumi. Kapolda, Pangdam, dan Kajati juga menggelar dialog dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) secara daring.  

Gani juga menyampaikan, Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020 memiliki daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.816.214 orang yang tersebar di 47 kecamatan, 381 desa, dan 5 kelurahan.Jumlah TPS mencapai 5.171. (*)

Print Friendly, PDF & Email