Opini WTP Menguatkan Komitmen untuk Membangun Daerah

oleh -
Gubernur Jabar HM. Ridwan Kamil (ketiga dari kiri) saat memimpin penyerahan DIPA dan Dana TKDD tahun 2021 serta penghargaan opini WTP.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Di tengah gempuran wabah Covid-19, Kota Sukabumi terus berupaya untuk membangun guna mewujudkan kesejahteraan rakyat. Tahun ini Kota Sukabumi kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2019.

banner 970x90

Piagam penghargaan WTP diterima Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi pada penyerahan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan Dana TKDD (Transfer ke Daerah dan Desa) 2021 serta penyerahan Piagam Penghargaan dan Plakat WTP di Plaza Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (3/12/2020). Kegiatan itu dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat, HM. Ridwan Kamil.

“Alhamdulilah, kami bisa meraih kembali penghargaan opini WTP. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan terhadap keberhasilan Kota Sukabumi dalam melaksanakan kegiatan pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah,” kata wali Kota Sukabumi seusai mengikuti kegiatan di Gedung Sate.

Dengan diraihnya WTP, ujar Fahmi, dia dan jajarannya akan terus mewujudkan komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Target ini ditunaikan dengan melaksanakan kegiatan pembangunan untuk meraih hasil yang lebih baik. Dia yakin pada tahun-tahun berikutnya Kota Sukabumi dapat terus meraih opini WTP.

Mengenai DIPA 2021, wali kota mengatakan, realisasinya akan difokuskan pada penanganan Covid-19 seperti arahan dari Presiden RI dan Gubernur Jabar. Di samping itu, kegiatan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat juga tetap mendapat perhatian dari Pemkot Sukabumi.

Besarnya DIPA untuk Jawa Barat pada tahun 2021 mencapai Rp51,1 triliun yang akan disalurkan kepada Pemprov Jabar dan daerah-daerah yang ada di Jawa Barat untuk membiayai berbagai kegiatan pembangunan.

Sementara besarnya Dana TKDD 2021 untuk Jabar mencapai Rp68,7 triliun. Gubernur menyampaikan pesan agar APBD kota/kabupaten semangatnya sama pada penanganan Covid-19. 

Selain itu Ridwan Kamil meminta daerah untuk maksimalkan bantuan sosial untuk warga yang terdampak Covid-19 serta membantu pemulihan ekonomi bagi para pelaku usaha. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email