Tiga Tahun, DPU Sukses Perbaiki 1.300 Kilometer Jalan Kabupaten

oleh -
Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad memotong tumpeng pada Hari Bakti PU ke-74 didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar.

Wartawan M. Ridwan

Selama tiga tahun antara 2016 sampai dengan 2019, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi berhasil mengintervensi jalan kabupaten sepanjang 1.326,67 kilometer. Intervensi yang diimplementasikan berupa pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, serta peningkatan kualitas dan pembangunan jalan.

banner 970x90

Atas kinerja dan pencapaian tersebut, Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad menyampaikan apresiasi dan selamat kepada jajaran DPU. Apresiasi itu disampaikan Gani pada saat menghadiri peringatan Hari Bakti PU ke-75 di Kantor DPU Kabupaten Sukabumi, Jalan Pasanggrahan Palabuhanratu, Kamis (3/12/2020).

Kerja keras jajaran DPU Kabupaten Sukabumi, kata Pjs. Bupati, berhasil meningkatkan kemantapan jalan dari 51,11 persen pada tahun 2016 menjadi 61,13 persen pada tahun 2019.

“Jelas pencapaian ini jauh melebihi target yang telah ditetapkan dalam RPJMD dari tahun 2016 sampai dengan 2019 yaitu sebesar 54,85 persen,” kata Gani.

Dalam upaya percepatan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat, lanjut dia, Pemkab Sukabumi telah mendorong terlaksananya proyek strategis antara lain pembangunan Jembatan Cibuni di Kecamatan Cidadap yang menghubungkan wilayah Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur.

Selain itu infrastruktur di desa pun terus ditingkatkan seperti pembangunan jalan desa, peningkatan jalan lingkungan, dan pembangunan irigasi. Sampai sekarang kurang lebih 2.303 kilometer jalan desa serta 2.850 meter jembatan yang sudah diintervensi. 

Capaian tersebut sudah sepatutnya disyukuri, apalagi di tengah pandemi Covid-19, pemerintah memberlakukan refocusing anggaran. Namun pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sukabumi tetap berlanjut. 

“Semua kegiatan fisik yang dilakukan pada sektor pekerjaan umum merupakan ikhtiar untuk mengoptimalkan kesejahteraan masyarakat,” ujar dia.

Pada kegiatan Hari Bakti PU ke-75 itu tampak hadir Kepala DPU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar selaku tuan rumah dan para kabid, kasi, staf, dan para pegawai.  Kepada keluarga besar Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Gani menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Bakti PU ke-75.

“Jadikan momentum ini sebagai penyemangat dalam mencapai kinerja yang lebih baik lagi,” ucapnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email