Yayasan REAKSI-JKW Serahkan Kursi Roda bagi Balita Penyandang Disabilitas

oleh -
Jajaran pengurus Yayasan REAKSI-JKW ketika menyerahkan kursi roda kepada anak penyandang disabilitas Candra Nugraha (5) di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.
Sekretaris Yayasan REAKSI-JKW Bambang Jatnika Baroy pada penyerahan kursi roda kepada Candra Nugraha.

Wartawan Dicky Sopyan

Keluarga besar Yayasan Rempug Aksi Solidaritas Indonesia JKW (REAKSI-JKW) menyerahkan bantuan kursi roda kepada balita penyandang disabilitas di kawasan Pajampangan. Pemberian kursi roda itu merupakan bagian dari gerakan sosial yang dilancarkan REAKSI-JKW di beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

Bantuan kursi roda diberikan kepada Candra Nugraha (5) yang tinggal di Kampung Cipicung, Desa pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Selasa (1/12/2020). Sebelumnya, REAKSI-JKW membagikan 4.000 paket sembako untuk warga terdampak wabah Covid-19 di delapan kecamatan.

Saat menyerahkan kursi roda, Sekretaris Yayasan REAKSI-JKW, Bambang Jatnika Baroy menyampaikan, awal mulanya dia menerima laporan tentang adanya anak yang tidak bisa berjalan di Kampung Cipicung.

Pengurus pun merasa terpanggil untuk membantu anak tersebut. Bambang dan rekan-rekannya bergerak dengan mengajukan surat ke Kantor Staf Presiden (KSP). Surat dari mereka mendapatkan repon dari KSP.

“Alhamdulillah, sekarang kursi roda telah diterima oleh Ananda Candra. Anak ini mengidap disabilitas sejak lahir, dia kesulitan untuk berjalan,” ujar Bambang. 

Dengan adanya bantuan kursi roda, lanjut dia, Candra dapat melakukan pergerakan dengan lebih cepat, baik di dalam maupun di luar rumah. Mudah-mudahan, kata Bambang, Candra bisa memanfaatkan kursi roda yang diterimanya dengan sebaik-baiknya.

Di tempat yang sama, Marlina (44), ibu kandung Candra, menjelaskan, dia hidup menjanda sejak bercerai dengan suaminya. Untuk menghidupi keluarganya, Marlina bekerja sebagai buruh serabutan.

“Saya merasa bahagia anak kami mendapatkan bantuan kursi roda. Semoga anak kami pun berbahagia dengan adanya kursi roda ini,” ucap dia.

Tidak lupa Marlina menyampaikan terima kasih kepada  Ketua Yayasan REAKSI-JKW, Rima Triyana dan Bambang selaku sekretaris yang telah memperjuangkan bantuan kursi roda untuk Candra. Dia berdoa REAKSI-JKW mendapatkan kelancaran dan keberhasilan dalam menjalankan aktivitasnya.

“Anak saya Candra  mengalami kelumpuhan sejak lahir hingga berumur 5 tahun. Kami sudah sering mengupayakan pengobatan, baik pengobatan tradisional maupun ke dokter. Namun anak saya belum sembuh juga. Sampai sekarang Candra belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah,” tutur Marlina. (*)

Print Friendly, PDF & Email