Sukseskan Pilkada, Monitoring Difokuskan pada Penerapan Protokol Kesehatan

oleh -
Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad menggelar dialog dengan Muspika dan penyelenggara Pilkada tahun 2020 di Kecamatan Sukaraja.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo  

Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau lebih dikenal dengan sebutan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi tahun 2020 jangan sampai menjadi kluster baru penyebaran wabah Covid-19.

Karena itu, monitoring terhadap persiapan pelaksanaan Pilkada tersebut difokuskan pada kesiapan penerapan 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di semua tahapan-tahapan pesta demokrasi tersebut.

Pemeriksaan logistik untuk Pilkada juga meliputi bahan dan alat untuk melaksanakan protokol kesehatan seperti APD (alat pelindung diri) untuk petugas dan pemilih di TPS serta bahan dan peralatan untuk mencuci tangan. Selain itu alat pengukur suhu tubuh.

Hal itu dikatakan Pjs Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad ketika meninjau kesiapan logistik Pilkada tahun 2020 di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Selasa (1/12/2020). Sebelumnya Gani juga meninjau kesiapan logistik untuk Pilkada di Kecamatan Cisaat.

Pelaksanaan 3M, kata Pjs. Bupati Sukabumi, merupakan langkah yang paling baik dan efektif untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. Pada hari pemungutan suara nanti, di TPS semua orang yang hadir harus tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

“Pilkada tahun ini diselenggarakan dengan tantangan yang berat yakni  merebaknya wabah Covid-19. Mari kita selalu menjaga kesehatan. Kami juga mengingatkan semua penyelenggara Pilkada di semua tingkatan untuk berdisiplin dalam menerapkan 3M dan protokol kesehatan,” ujar Gani.

Semua pemangku kepentingan, lanjutnya, harus fokus pada upaya mewujudkan Pilkada yang aman, nyaman, tertib, dan lancar. Penyelenggara, aparat pemerintah, dan masyarakat mesti terus menjaga komitmen untuk menyukseskan Pilkada.  

“Selain melaksanakan 3M, kita harus meningkatkan 3I yakni iman, ilmu, dan imun. Dengan memahami dan mengenali Covid-19, kita bisa menghindari dan mencegah penyebaran penyakit tersebut,” kata dia.

Pada monitoring itu, Pjs. Bupati Sukabumi mengikuti dialog dan tanya jawab bersama Muspika dan para penyelenggara Pilkada 2020 di Kecamatan Sukaraja. Kegiatan berlangsung di bawah protokol kesehatan, semua hadirin memakai masker dan menjaga jarak. Sebelum dan sesudah pertemuan, mereka mencuci tangan.  

Gani merasa lega melihat logistik untuk Pilkada 2020 di Sukaraja dan Cisaat telah siap, termasuk APD dan bahan untuk penerapan 3M. Adapun logistik yang belum tersalurkan ke kecamatan seperti surat suara biasanya tiba sekitar H-3 pemungutan suara. (*)

Print Friendly, PDF & Email