Dana Banprov Datang, Bangunan Kantor Desa Palasarihilir Bakal Manjadi ‘Agréng’

oleh -
Bangunan kantor desa di Desa Palasarihilir, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi yang sedang dibangun dengan dana dari Banprov Jabar tahun anggaran 2020.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Kehadiran dana Bantuan Keuangan Pemprov (Banprov) Jabar tahun 2020 membawa berkah dan kebahagiaan bagi masyarakat dan Pemdes Palasarihilir, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Dengan adanya dana tersebut, Desa Palasarihilir akan memiliki bangunan kantor desa yang agréng atau megah dan mengkilat.

banner 970x90

Oleh Pemdes Palasarihilir, dana banprov tersebut digunakan untuk merehabilitasi kantor desa. Besarnya banprov yang diterima Desa Palasarihilir mencapai Rp87 juta. Dana ini langsung dialokasikan untuk memperbaiki bangunan kantor berukuram 20 X 9 meterpersegi. Nantinya selesai dibangun, kantor desa menjadi tampak indah dan bersih.

“Pembangunan kantor desa tidak lama lagi selesai. Masyarakat bisa segera menikmati kantor desa yang lebih representatif sebagai tempat bekerja perangkat desa dan tempat pelayanan bagi warga,” kata Kepala Desa Palasarihilir, Muhtar kepada wartawan, Rabu (2/12/2020).

Rencana pembangunan kantor desa, ujar dia, telah lama dicanangkan oleh Pemdes Palasarihilir. Masyarakat juga menginginkan pembangunan kantor desa segera dilaksanakan karena bangunan lama sudah rusak dan tampak kusam.

“Karena itu ketika dana bantuan dari provinsi cair, kami langsung melaksanakan rehab kantor desa,” tutur Muhtar.

Dengan direhabnya kantor desa, lanjut Muhtar, perangkat desa dapat meningkatkan kinerja perangkat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan melaksanakan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Mereka dapat lebih nyaman dalam menjalankan kewajibannya sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

Sementara kantor direhab, perangkat desa bekerja di ruang aula yang tidak ikut dibangun di bagian belakang. Walaupun tempat kerjanya darurat, perangkat desa tetap bersemangat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.  

“Perangkat desa selalu siap memberikan pelayanan, baik untuk warga Desa Palasarihilir maupun warga dari desa lain yang ada keperluan di desa kami,” tutur Muhtar. (*)  

Print Friendly, PDF & Email