Pasien Covid-19 Asal Karangtengah Meninggal Saat Perawatan Kedua di Rumah Sakit

oleh -
Data terbaru perkembangan Covid-19 di Kota Sukabumi sampai dengan Selasa, 1 Desember 2020 pukul 12.00 WIB.

Wartawan Joko Samudro Suroboyo

Satu pasien Covid-19 asal Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi meninggal dunia di RSUD R. Syamsudin, S.H. Pasien tersebut diketahui sempat pulang ke rumah atas permintaan sendiri (APS) untuk dirawat di rumah dengan prosedur isolasi mandiri.

“Pasien yang meninggal dunia ini seperti kasus yang dulu, sempat pulang ke rumah atas permintaan sendiri ketika sedang dirawat di RSUD R. Syamsudin, S.H. Karena kondisinya cukup mengkhawatirkan, dia kembali dirawat di rumah sakit,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana kepada wartawan, Selasa (1/12/2020).

Dalam perawatan yang kedua setelah isolasi mandiri, pasien tersebut meninggal dunia. Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki, umur 57 tahun. Sampai sekarang belum diketahui status komorbiditasnya, apakah memiliki penyakit penyerta ataukah meninggal murni tersebab Covid-19.  

Biasanya, rumah sakit sulit menolak pasien yang ingin pulang dengan status APS.

Selain warga Karangtengah tersebut, dua pasien Covid-19 lainnya juga menghembuskan napas terakhir. Satu pasien berasal dari Kelurahan Baros, Kecamatan Baros yakni laki-laki 60 tahun dengan komorbid penyakit jantung dan penyakit gula. Pasien yang satu lagi berasal dari Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, laki-laki berumur 67 tahun.  

“Jumlah pasien yang meninggal dunia di rumah sakit bertambah tiga orang,” jelas Wahyu.

Dengan demikian, secara keseluruhan jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Kota Sukabumi mencapai 25 orang. Sementara pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 8 orang hingga menjadi 1.020 orang.

Sampai sekarang, jumlah pasien yang masih menjalani isolasi mencapai 291 orang, sedangkan keseluruhan pasien sembuh Covid-19 mencapai 704 orang atau 69,02 persen dari keseluruhan kasus Covid-19 di Kota Sukabumi. (*)  

Print Friendly, PDF & Email