Terapkan Prokes, Pembagian BST Pusat Tahap IX di Desa Cibodas Berjalan Lancar

oleh -
Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman (kedua dari kiri) secara simbolis menyerahkan BST Kemensos tahap IX kepada salah seorang penerima bantuan.
Para penerima BST Kemensos tahap IX mengantre dengan tertib di SDN Pakuwon Desa Cibodas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Wartawan Joko Samudro

AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) di tengah Covid-19 sudah menjadi tradisi bagi warga Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. Mereka selalu menerapkan gerakan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan  dalam kehidupan bersosialisasi dan bermasyarakat. Pada setiap kegiatan massal, warga selalu melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

banner 970x90

Kebiasaan yang sehat dan efektif untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 itu juga diterapkan pada kegiatan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) RI tahap IX bertempat di SDN Pakuwon Desa Cibodas, Sabtu (28/11/2020). Semua hadirin, baik penerima, petugas, maupun tim monitoring mengenakan masker dan selalu menjaga jarak.

“Masyarakat di desa kami selalu memperhatikan protokol kesehatan ketika menyelenggarakan berbagai kegiatan. Gerakan 3M telah menjadi tradisi baru di desa kami,” kata Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman ketika ditemui di lokasi penyaluran BST Kemensos tahap IX.

Pada sebuah acara yang dihadiri banyak orang, ujar Ujang, pihak penyelenggara tidak segan-segan menegur hadirin atau undangan yang tidak mengenakan masker atau mengabaikan jarak dengan orang lain. Sebagian besar masyarakat Desa Cibodas sudah terbiasa melaksanakan gerakan 3M.

Pembagian BST dari pusat berjalan dengan lancar dan tertib. Penyaluran bantuan dilakukan oleh petugas PT Pos Indonesia yang dibantu perangkat desa. Di tempat kegiatan juga tampak hadir Bhabinkamtibmas Desa Cibodas Bripka Soni Hermawan dan Babinsa Cobodas Koptu Sugiyanto sebagai tim monitoring.

Penyaluran bantuan diawali dengan penyerahan secara sombolis BST pusat tahap IX oleh Kades Ujang kepada salah seorang penerima bantuan.

Jumlah penerima BST tahap IX itu mencapai 317 keluarga penerima manfaat (KPM). Tiap-tiap KPM menerima bantuan sebesar Rp300 ribu. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email