Babinsa Cibodas Monitoring Pelaksanaan Rapid Test

oleh -
Koptu Sugiyanto memonitor pelaksanaan rapid test petugas KPPS dan Pamsung yang bertugas di TPS se-Desa Cibodas pada Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Koptu Sugiyanto melaksanakan tugas montoring rapid test untuk petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan Pamsung (Pengamanan Langsung) TPS di balai desa setempat, Jumat (27/11/2020).

banner 970x90

Anggota Koramil 0712/Parungkuda Kodim 0607 Kota Sukabumi itu berada di tempat rapid test selama kegiatan pemeriksaan dari awal hingga selesai.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan pada Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020. Tujuannya untuk mengetahui sejak dini adanya petugas di KPPS yang terpapar Virus Corona.

“Rapid test berjalan dengan aman dan lancar. Para petugas pemeriksa dapat menjalankan tugas dengan baik,” ujar Koptu Sugiyanto ketika ditemui di Balai Desa Cibodas.

Rapid tes tersebut diikuti oleh 112 anggota KPPS dan 32 anggota Pamsung yang bertugas di seluruh TPS yang ada di Desa Cibodas. Mereka mengantre dengan tertib ke tempat pemeriksaan. Salah satu prosedur pemeriksaan pada rapid test adalah pengambilan sampel darah.

“Mudah-mudahan dari 144 orang yang menjalani rapid test tidak ada satu pun yang reaktif Covid-19,” ujar Sugiyanto.

Berdasarkan ketentuan dari KPU, anggota KPPS yang reaktif Covid-19 dalam rapid test harus diganti. Nantinya di TPS, mereka yang bertugas hanyalah anggota dan Pamsung yang sehat dan tidak terpapar Covid-19. Selanjutnya anggota yang reaktif harus dicoret serta disarankan untuk menjalankan isolasi mandiri dan mengikuti swab test. (*)

Print Friendly, PDF & Email