Layanan Homecare Meraih Penghargaan dari Pusat

oleh -
Menteri PANRB RI Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 kepada Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Program layanan unggulan dari Pemkot Sukabumi, Homecare memperoleh apresiasi berupa penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

banner 970x90

Penghargaan dari pemerintah pusat itu diterima oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dari Menpan RB Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (25/11/2020) malam.  

Pada acara penyerahan penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 itu, hadir secara virtual Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dan hadir langsung di tempat kegiatan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan.

“Alhamdulillah program Homecare mendapatkan penghargaan dari Kementerian PANRB dan masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Layanan inovasi Homecare merupakan inovasi unggulan Kota Sukabumi untuk pelayanan kesehatan. Pada program ini, Pemkot Sukabumi menerjukan satu orang perawat di setiap kelurahan untuk memberikan kesehatan secara door to door ke rumah-rumah warga.

Inovasi layanan tersebut memberikan manfaat langsung dan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Homecare, ujar wali kota, merupakan wujud komitmen dan perhatian Pemkot Sukabumi terhadap kesehatan warga Kota Sukabumi.

“Dengan diterimanya penghargaan ini, kami akan semakin terpacu untuk melahirkan inovasi pelayanan publik terbaik lainnya,” tutur Fahmi.

Program Homecare, lanjutnya, merupakan hasil kerja sama yang baik antara Pemkot Sukabumi dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Sukabumi. Dia pun menyampaikan terima kasih kepada para perawat dan petugas yang telah bekerja keras sehingga Homecare mendapatkan penghargaan. 

Ke depannya Pemkot Sukabumi berupaya dengan sekuat tenaga untuk menjawab berbagi tantangan dan hambatan terkait layanan Homecare. Wali kota menginginkan program Homecare bisa berjalan dengan lebih baik.

“Penghargaan atas Homecare menunjukkan tidak ada yang bisa meragukan kinerja petugas dalam pelayanan kepada warga. Di daerah lain tidak ada program seperti ini. Padahal programnya sangat mudah direplikasi ketika ada kolaborasi,” kata Fahmi. (*)

Print Friendly, PDF & Email