Disdukcapil Gencarkan Penggunaan Fasilitas Online

oleh -
Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Iwan Kusdian (ketiga dari kiri) bersama jajaran selalu siap memberikan kemudahan dan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi terus menggencarkan penggunaan fasilitas online untuk pengurusan dokumen administrasi kependudukan. Tujuannya untuk mengurangi layanan offline secara tatap muka guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

banner 970x90

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Iwan Kusdian kepada wartawan, Rabu (25/11/2020), mengatakan, masyarakat telah berangsur menggunakan media online dalam mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan data kependudukan. Karena itu, perangkat daerah yang dipimpinnya, ujar Iwan, terus mengembangkan fasilitas untuk meningkatkan pelayanan secara online.   

“Tapi pelayanan secara offline pun tetap ditingkatkan kualitasnya. Jadi peningkatan pelayanan berlaku untuk pengurusan secara onlone maupun offline. Kami akan memberikan berbagai kemudahan kepada masyarakat,” kata Iwan.

Pelayanan secara online, lanjut dia, telah memberikan hasil yang cukup signifikan dalam pembuatan administrasi kependudukan. Masyarakat tidak perlu ragu dengan efektivitas dan kecepatan pelayanan secara online tersebut.

Secara keseluruhan, pelayanan online telah menghasilkan berbagai dokumen kependudukan antara lain KTP sebanyak 16.597  keping, kartu keluarga 2.383 lembar, akta kelahiran sebanyak 754, dan akta kematian sebanyak 36. 

“Warga Kabupaten Sukabumi yang telah memenuhi syarat untuk memiliki KTP agar segera melakukan perekaman. Untuk pengurusan dokumennya bisa secara online maupun offline,” ujar Iwan.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Hj. Yayah Dewi Homsiah menjelaskan, pelayanan secara online dan offline memiliki prosedur tersendiri sesuai dengan Perpres Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Selain KTP dan kartu keluarga, urusan lainnya yang dapat dilakukan secara online dan offline antara lain pendataan atau pendaftaran penduduk, pembuatan biodata penduduk, surat pindah, dan surat keterangan tinggal terbatas (SKKT) bagi orang asing. Semuanya dapat diproses kalau memenuhi aturan dan persyaratan yang berlaku.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Soheh Abdurahman mengatakan, sampai sekarang masih banyak penduduk yang menyampaikan  pengaduan terkait data kependudukan yang belum aktif ataupun tidak sesuai. 

Menurutnya, hal itu bisa dikonsolidasi melalui sistem informasi administrasi kependudukan pada website www.konsolidasi.dukcapilkabsukabumi.org  yang dikelola oleh Disdukcapil Kabupaten Sukabumi

Begitu juga untuk mempermudah pelayanan kependudukan, masyarakat bisa mengakses website tersebut atau melalui hotline WhatsApp 0815-7200-3030.

“Kami selalu sampaikan berulang-ulang, pembuatan KTP elektronik sama sekali tidak dipungut biaya atau gratis dan yang penting hindari calo,” tutur Soheh. (*)

Print Friendly, PDF & Email