Kebakaran di Cibadak, Satu Rumah Habis Dimakan Api

oleh -
Kobaran api yang mengamuk di Kampung Bojong Sentra Cibadak menghanguskan satu unit rumah warga.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Kebakaran besar melanda rumah milik Onah di Kampung Bojongsetra RT 02 RW 01, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (23/10/2020) sekira pukul 18.30 WIB. Pada musibah itu, rumah Onah yang ditempati bersama satu orang anaknya ludes dilalap api.

Informasi yang dihimpun di tempat kejadian menyebutkan, dugaan sementara kobaran api dipicu oleh nyala kecil dari korsleting listrik. Api yang mulanya kecil lalu berubah menjadi kobaran besar. Dikarenakan rumah dalam kondisi kosong, amukan api pun begitu cepat menjalar ke beberapa ruangan lainnya.

“Awalnya saya mencium aroma bau asap di salah satu rumah belakang. Pas ke luar, saya lihat tiba-tiba api sudah membesar,” kata Yuda salah seorang warga yang tinggal tidak jauh dari rumah Onah.

Melihat kobaran api, warga pun berlarian ke lokasi kebakaran. Mereka berupaya untuk menguasai api dengan alat seadanya. Sebagian dari mereka bergegas menghubungi kantor Pemadam Kebakaran (Damkar). 

Tidak lama kemudian secara bertahap enam unit mobil Damkar tiba di lokasi. Armada itu didatangkan dari kantor jaga Cibadak, Cicurug, Cisaat, dan Sukaraja. Puluhan petugas bahu-membahu untuk memadamkan api. Dalam waktu sekitar 30 menit, petugas sukses menguasai si jago merah.

Lurah Cibadak, Budi Eka Adriyana ditemui di lokasi kebakaran menjelaskan, kemungkinan api berasal dari hubungan pendek arus listrik di atas rumah. Pecikan api menjalar ke ruangan dapur dan ruangan kerja yang di dalamnya terdapat beberapa unit komputer. 

“Kini komputer itu telah menjadi arang, habis terbakar. Petugas berhasil mencegah nyala api agar tidak merembet ke rumah yang lain,” kata Lurah Budi.

Hasil perhitungan sementara, besarnya kerugian materi akibat kebakaran tersebut kira-kira mencapai Rp100 juta. (*)

Print Friendly, PDF & Email