Gebrak Masker, Pjs. Bupati Bagikan Ribuan Masker ke Kecamatan

oleh -
Peluncuran program Gebrak Masker di Jalan Siliwangi Palabuhanratu dipimpin Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad.

Wartawan M. Ridwan

Program Gebrak Masker (Gerakan Bersama Memakai Masker) yang diluncurkan Pemkab Sukabumi mulai memasuki tahap-tahapan yang krusial. Gerakan ini bertujuan untuk menerapkan kebiasaan baru di tengah wabah Covid-19 yakni memakai masker sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pola hidup bersih dan sehat.

Untuk menggelorakan program tersebut, Pjs. Bupati Sukabumi Raden Gani Muhamad memimpin peluncuran Gebrak Masker di depan Pendopo Bupati Sukabumi di Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Senin (23/11/2020). Pada acara itu, Gebrak Masker membagikan 640 masker kepada 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Di tempat kegiatan tampak hadir para kepala perangkat daerah, camat, unsur Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi, dan kalangan relawan. Nantinya, masker-masker tersebut oleh kecamatan akan dibagikan secara langsung ke masyarakat dan melalui desa, dusun, RW, dan RT.

“Gebrak Masker penting bagi masyarakat, terutama untuk melindungi warga dari ancaman Covid-19. Kami optimis bisa membagikan satu juta masker kepada masyarakat di Kabupaten Sukabumi,” kata Gani ketika meluncurkan Gebrak Masker. 

Pembagian masker, ujar Pjs Bupati Sukabumi, juga akan dilakukan secara masif melalui perangkat daerah. Pembagian ini harus berkelanjutan untuk mendorong terwujudnya kebiasaan baru dalam menggunakan masker dalam berbagai aktivitas masyarakat. 

“Masker yang dibagikan berasal dari sumbangan dan kontribusi pengusaha, perusahaan, organisasi sosial, aparatur pemda, para donatur yang ada di Kabupaten Sukabumi,” ucap dia.

Gani menjamin, masker yang dikumpulkan dari para donatur dan dibagikan ke masyarakat memenuhi standar kesehatan. Masker-masker tersebut juga diberi sentuhan fashion agar modelnya tidak ketinggalan mode dan menimbulkan kesan modis bagi pemakainya. Dengan demikian masyarakat merasa nyaman dan aman ketika mengenakan masker tersebut.   

“Program ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kesehatan masyarakat. Apalagi Kabupaten Sukabumi mempunyai agenda besar yaitu pesta demokrasi Pilkada 2020. Gebrak Masker adalah upaya menciptakan Pilkada yang nyaman, kondusif, dan tidak menimbulkan kluster baru penyebaran Covid-19,”  terangnya.

Tidak lupa Gani juga meminta warga Kabupaten Sukabumi untuk selalu berdisiplin  dalam menerapkan standar protokol kesehatan di tengah aktivitas sehari-hari. Aparat pemda tidak boleh lengah dan jenuh dalam melancarkan sosialisasi edukasi penggunaan masker. 

“Mudah-mudahan upaya yang kita lakukan ini merupakan kerja nyata yang dapat memotivasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujar Gani. (*)

Print Friendly, PDF & Email