Warga Desa Mekarsari Menyambut Pengaspalan Jalan Ciawet-Cikadal

oleh -
Kegiatan pengaspalan jalan kabupaten di Desa Mekarsari, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi disambut dengan antusias oleh warga setempat.
Kepala Desa Makarsari Udon terus memantau kegiatan pengaspalan jalan kabupaten di desa yang dipimpinnya.

Wartawan Dicky Sopyan

Warga masyarakat Desa Mekarsari, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi menyambut dengan gembira kegiatan pengaspalan jalan kabupaten sepanjang 1 kilometer yang merupakan penghubung Kampung Ciawet dan Kampung Cikadal. Dengan adanya pengaspalan tersebut, mereka dapat menempuh perjalanan antara dua kampung itu dengan lebih cepat.

Kegiatan pembangunan infrastruktur tersebut dibiayai oleh Pemkab Sukabumi melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Sebelum diaspal, ruas jalan Ciawet-Cikadal dalam kondisi rusak parah karena sudah belasan tahun belum diperbaiki. Para pengemudi mobil dan motor sering kesulitan melewati jalan ini.

“Kami yakin perbaikan jalan ini bisa membuka peluang usaha dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Para petani dapat menempuh perjalanan dengan lancar ketika akan menjual hasil panen ke luar desa,” kata Kepala Desa Mekarsari, Udon kepada wartawan, Ahad (22/11/2020).

Ruas jalan yang diaspal, ujar dia, merupakan  bagian dari jalan yang menghubungkan Desa Mekarsasi dengan Desa Sidamulya dan Desa Cibenda di Kecamatan Ciemas. Jalan ini merupakan akses utama bagi warga Desa Mekarsari dan desa-desa lainnya yang terhubung oleh jalan kabupaten.

Total panjang jalan kabupaten yang terakses ke Desa Mekarsari dengan kondisi rusak sekitar 6 kilometer dengan lebar 4 meter. Tahun lalu telah diaspal sepanjang 2 kilometer, tahun ini 1 kilometer. Jadi sisa jalan yang belum diperbaiki 3 kilometer lagi.

“Kami atas nama masyarakat dan pemerintahan di Desa Mekarsari  mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sukabumi yang telah membangun jalan di desa kami. Semoga kehadiran jalan ini mendatangkan berkah bagi kita semua,” kata Udon.

Kades juga mengajak warganya untuk ikut serta memelihara dan memperhatikan kondisi jalan yang telah dibangun. Masyarakat mesti ikut menjaga kondisi drainase jalan agar tetap bagus sehingga dapat mendukung keawetan lapisan aspal pada jalan.  

“Kita semua mengharapkan jalan yang telah dibangun dapat bertahan lama dan awet. Saluran air harus dipelihara agar aliran airnya tidak merusak jalan,” tutur Udon.

Salah seorang warga Desa Mekarsari, Puloh  menyampaikan rasa syukur atas pengaspalan jalan di desanya. Jalan yang diaspal, kata dia, bisa mempermudah dan mempercepat perjalanan warga ke desa lain untuk memenuhi berbagai kepentingan. (*)

Print Friendly, PDF & Email