Pos Indonesia Salurkan Bansos Pusat Tahap VIII di Desa Ciheulangtonggoh

oleh -
Kepala Desa Ciheulangtonggoh, Endang Junaedi, S.Ag. secara simbolis menyerahkan bantuan sosial tunai Kemensos RI tahap VIII kepada salah seorang penerima bantuan.
Para penerima bantuan sosial tunai Kemensos RI tahap VIII mengantre dengan tertib di halaman Balai Desa Ciheulangtonggoh sambil melaksanakan aturan protokol kesehatan.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Petugas PT Pos Indonesia dibantu perangkat desa menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) tahap VIII dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Desa Ciheulangtonggoh, Jumat (20/11/2020). Pembagian BST itu dilaksanakan di halaman Balai Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan diawali dengan penyerahan bansos secara sombolis oleh Kepala Desa Ciheulangtonggoh, Endang Junaedi, S.Ag. kepada salah seorang penerima bantuan. Penyelenggara menerapkan aturan protokol kesehatan secara ketat pada kegiatan tersebut dengan mewajibkan hadirin memakai masker dan menjaga jarak.

“Kami bersyukur atas disalurkannya BST dari pusat tahap kedelapan di desa kami. Semoga bantuan ini memberikan manfaat bagi warga di desa kami, khususnya mereka yang terdampak wabah Covid-19,” kata Endang di tengah kesibukan pemantauan pembagian BST Kemensos.

Jumlah penerima BST tersebut mencapai 425 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Setiap KPM menerima bantuan tahap VIII yang besarnya Rp300 ribu. KPM tersebut merupakan keluarga yang tidak menerima bantuan dari program bantuan sosial lainnya, baik dari pusat, provinsi, pemda, maupun desa.

“Harapan kami para penerima bantuan dapat menggunakan uang dari bantuan sosial ini dengan sebaik-baiknya. Hendaknya mereka membelanjakan dana tersebut untuk keperluan yang pokok atau mendesak seperti membeli beras dan barang kebutuhan sehari-hari lainnya,” ujar Endang.

Kades Ciheulangtonggoh juga mengharapkan para KPM yang menerima bansos tersebut dapat terbantu oleh dana yang diterimanya dan lebih ringan bebannya setelah ekonomi mereka terguncang oleh wabah Covid-19.  Dia mengajak masyarakat untuk selalu berdoa dan berupaya bersama-sama menghentikan penyebaran wabah Covid-19.

“Semoga wabah Covid-19 segera hilang dan berlalu agar kita dapat menjalani kehidupan dengan normal seperti sebelum ada wabah. Salah satu langkah yang harus kita lakukan adalah menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” kata dia. (*)  

Print Friendly, PDF & Email