Longsor Menimpa Desa Gunungsungging Surade, Satu Rumah Jebol

oleh -
Bagian pinggir jalan di Kampung Ciparang, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi rusak akibat pergerakan tanah.

Wartawan Dicky Sopyan

Longsor dan pergerakan tanah merusaka satu rumah di Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Selain itu, bencana tersebut hampir memutuskan akses jalan menuju Kampung Cigintung di titik Kampung Ciparang dan merontokkan jalan gang di Kampung Cigulingan Desa Gunungsungging.

banner 970x90

“Penyebab tanah longsor dan pergerakan tanah di desa kami adalah curah hujan yang sangat tinggi. Dampak dari bencana ini satu kepala keluarga tidak bisa beraktivitas dengan normal karena rumahnya rusak,” kata Kepala Desa Gunungsungging, Nanang kepada wartawan, Kamis (19/11/2020) siang.

Pergerakan tanah dan longsor itu terjadi pada Rabu (18/11/2020) malam kira-kira pukul 23.30 WIB malam. Saat itu hujan mengguyur Desa Gunungsungging dengan derasnya dan sebagian besar warga sedang dalam keadaan tertidur lelap di rumahnya masing-masing.

Tanpa diketahui warga, tanah bergerak dan sebagian mengalami erosi di tengah hujan deras. Kejadiannya hampir serentak di tiga lokasi  yaitu Kampung Lembursawah, Kampung Ciparang, dan Kampung Cigulingan.

Dampaknya cukup serius. Di Kampung Lembursawah, longsor menggerus rumah milik Fatimah. Bagian fondasinya ambrol karena tanah di bawahnya terbawa gerakan longsor. Fatimah mengalami kerugian kira-kira sebesar Rp15 juta.

Adapun pergerakan tanah di Kampung Ciparang merusak badan jalan  sepanjang 15 meter hingga hampir putus. Ruas jalan ini merupakan penghubung antara Kampung Salenggang  dan Kampung Cigintung. 

Begitu di Kampung Cigulingan, longsor terjadi di wilayah RT 04 RW 06. Akibatnya akses gang di sekitar kampung tersebut menjadi terganggu.

“Hasil perhitungan sementara, kerugian akibat kerusakan jalan dan gang akibat bencana tersebut kira-kira Rp50 juta,” ucap Kades Nanang. (*)

Rumah salah seorang warga di Kampung Lembursawah Desa Gunungsungging jebol akibat fondasinya tergerus longsor.
Gang di Kampung Cigulingan Desa Gunungsungging ambruk akibat pergerakan tanah yang terjadi di tengah hujan deras.  

Print Friendly, PDF & Email