RAPBD 2021, Wali Kota Masih Nunggu Keputusan Pusat dan Provinsi

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Penyusunan Rancangan APBD (RAPBD) Kota Sukabumi tahun 2021 mengalami keterlambatan sehingga belum diterima oleh DPRD setempat untuk dibahas. Salah satu penyebabnya adalah Pemkot Sukabumi masih menunggu keputusan alokasi dana dari pusat dan provinsi untuk Kota Sukabumi. 

banner 970x90

“Sampai sekarang kami belum menerima kepastian alokasi anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi. Setelah ada kepastian alokasi dana, barulah kami bisa memasukkannya ke dalam RAPBD tahun 2021,” kata Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi di Balai Kota Sukabumi ketika ditanya wartawan seputar keterlambatan penyusunan RAPBD 2021, Rabu (18/11/2020).

Belum adanya kepastian dari pusat dan provinsi terkait alokasi dana itu membuat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Sukabumi kesulitan memyusun RAPBD 2021.

Selain itu, penyebab keterlambatan penyusunan RAPBD tersebut adalah adanya revisi RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2018-2023. Perubahan ini, ujar Fahmi, tentu berpengaruh terhadap perencanaan anggaran pembangunan setiap tahunnya, termasuk 2021.

“Jadi untuk menuntaskan penyusunan RAPBD 2021 tersebut kami harus menunggu alokasi dana dari pusat dan provinsi serta hasil revisi RPJMD,” kata dia.

Berita terkait: Ban-gar Tetap Targetkan Pembahasan APBD 2021 Selesai Pertengahan Bulan Depan

Daerah, ujar wali kota, memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap alokasi anggaran dari pusat dan provinsi. Guna memastikan besarnya alokasi dana tersebut, wali kota telah mengirimkan tim khusus ke provinsi dan pusat.

“Dalam waktu dekat kedua faktor penghambat penyusunan RAPBD itu dapat diatasi. Jadi mudah-mudahan draft RAPBD bisa diserahkan kepada DPRD segera,” ujar Fahmi.  

Mengenai keterlambatan tersebut, kata wali kota, Pemkot Sukabumi telah memberitahukannya kepada Pimpinan DPRD. Jadi legislatif telah mengetahui jauh sebelumnya tentang keterlambatan penyampaian draf RAPBD tahun 2021. (*)

Print Friendly, PDF & Email