Desa Bojonglongok Siap Realisasikan Pembangunan 50 RTLH dari BSPS

oleh -
Rumah milik salah seorang penerima dana BSPS dari pusat di Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi masih dalam proses pembangunan.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Pemerintah Desa Bojonglongok, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi siap merealisasikan pembangunan 50 unit rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah layak huni yang mendapat dana dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun anggaran 2020.

banner 970x90

Kesiapan itu disampaikan Kepala Desa Bojonglongok, Didim Syaripudin ketika diwawancara wartawan seputar kesiapan pemdes dalam menuntaskan renovasi RTLH dari BSPS di kantornya, Rabu (18/11/2020). Desa Bojonglongsok mendapatkan BSPS untuk 50 RTLH.

“Kami mengharapkan para penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya agar dapat memiliki rumah layak huni. Kepada masyarakat, kami mengimbau untuk memberikan bantuan dalam pembangunan RTLH tersebut,” kata Didim.

Besarnya BSPS untuk tiap RTLH mencapai Rp17,5 juta. Alokasinya adalah untuk material bahan bangunan sebesar Rp15 juta dan untuk upah tukang bangunan sebesar Rp2,5 juta. Bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Bantuan ini sifatnya stimulan, jadi peran serta dan partisipasi masyarakatlah yang paling penting dalam menuntaskan program tersebut,” ujar kades.  

Didim percaya sifat gotong royong dan kepedulian sosial warga Desa Bojonglongok masih cukup tinggi sehingga program renovasi RTLH dari BSPS dapat diselesaikan sesuai target. Karena itu dia yakin pembangunan 50 RTLH yang mendapatkan bantuan tidak akan menemui kendala.

“Atas nama penerima bantuan dan masyarakat, kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyalurkan dana BSPS ke desa kami. Tidak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pihak-pihak yang telah memfasilitasi penyaluran bantuan tersebut,” tutur Didim.

Salah satu warga penerima bantuan Ma Iik warga Kampung Cisarua RT 03 RW 04, Desa Bojonglongok  mengucapkan terima kasih kepada Kades Didim dan seluruh perangkat desa yang telah memperjuangkan dana BSPS untuk membangunan rumahnya. Sebagai warga biasa, Ma Iik merasa terbantu dengan adanya bantuan tersebut.

“Berkat bantuan ini, saya dapat memiliki rumah yang layak huni. Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi keluarga kami,” ungkap dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email