Korban PHK di Desa Sekarwangi Tuntaskan Pelatihan Menjahit

oleh -
Kepala Desa Sekarwangi Abeng Baenuri menyerahkan sertifikat kepada salah satu peserta pembekalan kegiatan pemberdayaan TKM untuk kelompok menjahit.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Para korban PHK yang tinggal di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi sukses menyelesaikan pembekalan kegiatan pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) untuk kelompok menjahit. Para peserta pelatihan yang tergabung di dalam TKM Karya Mandiri Desa Sekarwangi juga menerima bantuan berupa peralatan kerja jahit-menjahit.

banner 970x90

Kepala Desa Sekarwangi Abeng Baenuri menyampaikan terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi yang telah menggelar pembekalan kegiatan pemberdayaan TKM di desanya. Pelatihan tersebut dapat mendorong pemberdayaan dan pengembangan usaha mandiri masyarakat.

Dengan pelatihan jahit-menjahit itu, TKM bisa mengembangkan keterampilannya untuk membangun usahanya secara mandiri.

“Jadi nantinya terbuka lapangan pekerjaan untuk peserta pelatihan dan masyarakat di desa kami,” kata Abeng kepada wartawan, Senin (16/11/2020).

Banyak peserta pada pembekalan pemberdayaan TKM itu mencapai 20 orang, semuanya perempuan yang merupakan korban PHK dari berbagai perusahaan. Selama ini mereka kebingungan mendapatkan penghasilan untuk menutup kebutuhan sehari-hari karena tidak mendapatkan gaji.

“Pelatihan ini memberikan mereka harapan. Para peserta pelatihan tidak saja akan memiliki pekerjaan, mereka juga memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mendapatkan penghasilan,” ujar Abeng.

Kegiatan pemberdayaan TKM itu dilaksanakan di Balai Desa Sekarwangi selama tiga hari dari 10 sampai dengan 12 November 2020. Pembukaannya oleh Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, H. Dadang Budiman. Semua perserta dapat menyelesaikan kegiatan pembekalan sesuai dengan target Disnakertrans.

Alat-alat kerja yang merupakan bantuan dari Disnakertrans Kabupaten Sukabumi kepada TKM Karya Mandiri Desa Sekarwangi.

Adapun bantuan yang diberikan Disnakertrans kepada TKM Karya Mandiri berupa 8 unit peralatan kerja yang terdiri dari 3 mesin jahit, 2 mesin obras, 1 mesin lobang kancing, 1 mesin neci, dan 1 mesin bordir. 

“Para peserta pembekalan telah dapat mengoperasikan mesin-mesin tersebut dengan lancar,” tutur Kades Sekarwangi. (*)

Print Friendly, PDF & Email