Hujan Angin Robohkan Masjid di Surade

oleh -
Bangunan Masjid Al-Jihad di Kampung Badak Putih Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi hancur lebur setelah dilanda hujan angin.

Wartawan Dicky Sopyan

Hujan deras disertai angin kencang merobohkan bangunan Masjid Al-Jihad  di Kampung Badak Putih RT 15 RW 02 Desa Pasiripis,  Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Ketika bangunan tempat ibadah itu rubuh di dalamnya tidak ada jamaah yang sedang shalat.

banner 970x90

Amukan angin di tengah hujan itu terjadi pada Jumat (13/11/2020) sore kira-kira pukul 17.00 WIB. Ketika itu sebagian besar kawasan Surade dilanda hujan besar yang disertai angin kencang. Kuasa Allah SWT, angin datang dalam bentuk gelombang bergulung-gulung dengan hembusan yang sangat kencang.

Warga Kampung Badak Putih sedang berada di rumahnya masing-masing ketika angin besar melanda bangunan Masjid Al-Jihad.  Tanpa diduga, angin besar itu menabrak bangunan masjid. Akibatnya spontan, atap masjid berterbangan dan bagian bangunan lainnya rontok.

Dalam sekejap bagian atap masjid runtuh. Bersamaan dengan itu dinding bagian tengah pun rubuh. Setelah hujan dan angin reda tampak bagian bangunan yang tersisa hanya dinding belakang serta dinding depan. Sementara dinding tengah dan  atap ambruk, rata dengan tanah.

Karena tingkat kehancurannya sangat parah, Masjid Al-Jihad tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

Menjelang senja ketika matahari sudah menggapai ufuk barat warga berdatangan ke lokasi masjid. Mereka melihat dan memeriksa reruntuhan dan puing-puing bangunan. Masjid berukuran 17 x 7 meterpersegi itu porak poranda. Sebagian warga  memindahkan puing-puing dan reruntuhan bangunan masjid. 

“Masjid ini harus dibangun ulang dari awal. Sementara waktu masjid tidak bisa digunakan sebagain tempat shalat,” kata Cecep Iding, warga setempat.  

Pada musibah itu tidak ada korban jiwa maupun luka. Guru ngaji  di Masjid Al-Jihad, Siti Nursitah memperkirakan, kerugian materil sekitar Rp100 juta. Warga sudah melaporkan bencana cuaca ekstrem itu kepada BPBD melalui pemerintah desa setempat. (*)

Print Friendly, PDF & Email