Lokasi Kegiatan Bantuan UMKM Menjadi Kluster Penyebaran Covid-19

oleh -
Perkembangan termutakhir kasus Covid-19 di Kota Sukabumi sampai dengan Kamis, 12 November 2020 tengah hari.

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Perkembangan terbaru kasus Covid-19 di wilayah Kota Sukabumi ditandai dengan adanya kluster baru di salah satu bank tempat kegiatan penyaluran bantuan UMKM. Satgas Penanganan Covid-19 mencatat, terdapat belasan kasus warga terkonfirmasi positif yang dipicu oleh kontak erat di bank tersebut.

banner 970x90

“Hari ini kami telah mendapatkan data, terdapat 14 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari kontak erat keluarga dan bank tempat kegiatan penyaluran bantuan untuk UMKM,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, dr. Rita Fitrianingsih kepada wartawan, Kamis (12/11/2020).

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, penambahan pasien pada kasus Covid-19 hari ini mencapai 27 orang.

Dari jumlah itu sebanyak 13 orang berasal dari pasien puskesmas dan rumah sakit. Sementara 14 orang berasal dari kasus kontak erat di lingkungan keluarga dan kluster bank tempat kegiatan penyaluran bantuan UMKM.

“Jadi ada kasus kontak erat dari kluster bank penyalur bantuan. Laporannya sudah terkonfirmasi,” ujar Kepala Dinkes.

Rita juga mendapatkan laporan, dari 27 pasien baru Covid-19 itu sebanyak 24 orang menjalani isolasi mandiri di luar rumah sakit, di rumah atau tempat lain. Sebanyak tiga orang diisolasi di rumah sakit, 1 orang di RS Bunut dan 2 orang di RSI Assyifa. 

Mereka yang positif terinfeksi Virus Corona itu berasal dari kecamatan-kecamatan Gunungpuyuh sebanyak 6 orang, Warudoyong 4 orang, Cikole 8 orang, Cibeureum sebanyak 4 orang, Baros 2 orang, Citamiang 2 orang, dan Kecamatan Lembursitu sebanyak 1 orang.

Sampai hari ini, jumlah kumulatif warga terkonfirmasi positif di Kota Sukabumi mencapai 594 orang. Sebanyak 442 orang telah dinyatakan sembuh berdasarkan swab test atau tes usap dan 11 orang meninggal dunia. Sementara pasien yang masih menjalani isolasi sebanyak 141 orang. (*)

Print Friendly, PDF & Email