Bhabinkamtibmas Prianganjaya Sampaikan Materi Pendidikan di SPN Polda Jabar

oleh -

Wartawan Joko Samudro (PSN)

Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Brigpol Didi Dwi Purnomo mendapat kepercayaan untuk menjadi narasumber pada Dikbangspes (Pendidikan Pengembangan Spesialisasi) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jabar, Kamis (12/11/2020).

banner 970x90

Anggota Polsek Sukalarang, Polres Sukabumi Kota itu tampil di depan para siswa Dikbangspes Fungsi Bhabinkamtibmas (Binmas) Polri yang berasal dari 22 Polres di lingkungan Polda Jabar. Walaupun banyak peserta pendidikan yang pangkatnya lebih tinggi daripadanya, Brigpol Didi tetap mantap dan menyampaikan materi dengan lancar dan penuh percaya diri.

“Kehadiran saya di SPN Polda Jabar merupakan bentuk kepercayaan dari pimpinan. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih,” kata Brigpol Didi di sela rehat pembekalan materi kepada siswa Dikbangspes Binmas Polri SPN Polda Jabar.

Materi pendidikan yang disampaikan Didi seputar tugas pokok dan fungsi Bhabinkamtibmas di kewilayahan. Dia juga menyampaikan pengalamannya serta suka duka selama bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Prianganjaya.

Di tempat tugasnya, dia berhasil mengembangkan Pondok Mengaji Bhabinkamtibmas yang mendidik puluhan santri. Bintara yang tutur katanya lembut ini juga berencana akan membangun Sekolah Alam di Desa Prianganjaya.

Para peserta didik yang semuanya berjumlah 90 orang merupakan polisi pilihan dari 22 Polres di Polda Jabar. Semuanya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, beberapa orang di antara Polwan dari Polres Cirebon Kota dan Polres Bogor Kota.

Brigpol Didi Dwi Purnomo setelah menyerahkan pin Dikjur Bhabinkamtibmas kepada salah satu peserta Dikbangspes Binmas Polri SPN Polda Jabar, Bripka Marissa dari Polres Cirebon Kota.

Selain menyampaikan materi, Didi membuka sesi tanya jawab dengan para siswa Dikbangspes Binmas Polri SPN Polda Jabar. Bhabinkamtibmas Desa Prianganjaya juga menyerahkan pin Dikjur Bhabinkamtibmas dan topi Bhabinkamtibmas kepada salah satu siswa Dikbangspes Binmas.

Pin dan topi itu diberikan Brigpol Didi sebagai peraih pin emas Kapolri dan Juara 1 Polisi Teladan Tingkat Polda Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, Brigpol Didi mendapatkan apresiasi dari Kepala SPN Polda Jabar, Kombes Pol. Joko Surachmanto, S.H., M.H. melalui Kabag Jarlat (Pengajar dan Pelatihan) SPN Polda Jabar, AKBP Drs. Adi Sumarwan, S.ST., M.K. 

AKBP Adi mengatakan, semua ilmu yang telah diberikan oleh Brigpol Didi dapat menjadi ladang amal dan ladang pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. (*)

Print Friendly, PDF & Email